Survei Indikator Politik Indonesia periode Juli-Augustus 2021 yang dirilis di Jakarta, menempatkan Menteri BUMN, Eric Thohir sebagai salah satu menteri yang tingkat kepuasannya tinggi. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Rabu mencatat, untuk menteri dengan tingkat kepuasan tinggi pertama adalah Menhan Prabowo Subianto 70 persen, disusul Sandiaga Salahuddin Uno 69 persen.

Kemudian, Tri Rismaharini 63 persen, Sri Mulyani Indrawati 62 persen, dan berikutnya Eric Thohir 56 persen. Tiga nama teratas adalah menteri dari partai politik, yakni Prabowo, Sandi (keduanya Gerindra), lalu Risma (PDI Perjuangan); sedangkan dua nama berikutnya menteri kalangan profesional.  

"Menariknya, Menteri BUMN ini juga masuk radar masuk 10 besar calon presiden pengganti Jokowi pada Pemilihan Presiden 2024," tutur Burhanuddin.

Data Indikator Politik Indonesia menyebutkan, 10 besar tokoh yang masuk dalam daftar calon presiden masing-masing Prabowo Subianto 26,6 persen, Ganjar Pranowo 20,8 persen, Anies Baswedan 15,5 persen, Ridwan Kamil 5,7 persen.

Kemudian, Sandiaga Salahuddin Uno 5,4 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 5,4 persen, Khofifah Indarparawansa 2,6 persen, Mahfud MD, 1,9 persen, Gatot Nurmantyo 1,7 persen serta Erick Thohir 1,6 persen.

Burhanuddin menyebut, Erick Thohir juga terus konsisten di angka 1,6 persen dalam beberapa kali survei sejak Januari hingga awal Agustus 2021, hal ini tak lepas dari kepuasan publik terhadap kinerjanya dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Ada 2 persen publik sangat puas dan 49 persen puas. Jadi total 51 persen”, ungkap Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk Evaluasi Publik Terhadap Kinerja Penanganan Pandemi, Vaksinasi, dan Peta Elektoral Terkini secara virtual, Rabu.

Menurutnya, konsistensi elektoral Erick merupakan modal yang bisa terus dikembangkan untuk dapat maju dalam bursa calon presiden 2024 nantinya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021