Prajurit Pasmar 2 Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Satgasmar Ambalat XXVII melaksanakan patroli patok perbatasan Indonesia - Malaysia di Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara, Selasa.

Dalam keterangan pers yang diterima ANTARA di Surabaya, Prajurit Satgasmar Ambalat XXVII Pos Sei Pancang dipimpin oleh Letda Marinir Mardian Priyudha melaksanakan patroli patok mulai dari patok Timur sampai dengan patok 5.

Komandan Satgasmar Ambalat XXVII Kapten Marinir Cilvo Dwi Setiawan menyatakan sebagai satuan tugas Ambalat mempunyai tugas pokok menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, serta keamanan di wilayah perbatasan Republik Indonesia - Malaysia.

Selain itu, kata dia, tujuan dilaksanakannya patroli patok yaitu untuk mengetahui dan memastikan kondisi patok batas Negara tidak bergeser ataupun rusak, karena hal ini menyangkut kedaulatan NKRI.

"Melaksanakan tugas merupakan kehormatan bagi kami, untuk itu seluruh prajurit Satgasmar Ambalat XXVII akan mengabdikan seluruh jiwa dan raga demi keutuhan dan kedaulatan NKRI," katanya.

Sementara itu, dalam melaksanakan patroli, prajurit harus mempunyai kemampuan bernavigasi yang baik dan fisik prima agar patroli dapat dilaksanakan efektif serta efisien.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021