Masyarakat dan diaspora Indonesia di Australia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Kemerdekaan RI yang digelar Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) setempat, salah satunya di kantor perwakilan Perth. 
 
Pelaksana Tugas Konsul Jenderal Republik Indonesia Perth Nanda Avalist, melalui keterangan tertulis, Selasa, menyebutkan perayaan tersebut juga dihadiri oleh anak-anak sekolah dari negara setempat di wilayah Australia Barat yang belajar bahasa Indonesia. 

"Perjuangan untuk mewujudkan kemerdekaan yang telah ditunaikan oleh para pahlawan bangsa hendaknya menjadi amanah yang harus diemban secara sungguh-sungguh oleh generasi penerus, termasuk oleh segenap patriot Indonesia di Australia Barat," ujar Nanda, yang bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di KJRI Perth.

Menurutnya, persatuan dan kesatuan merupakan kunci kekuatan nasional, termasuk komunitas Indonesia di tanah rantau. 

"Di tengah dinamika dan tantangan dunia yang ada saat ini, baik melalui kemajuan teknologi dan perubahan yang begitu cepat, setiap insan bangsa Indonesia harus menjadi sosok yang memberikan andil dalam melindungi, mencerdaskan, memakmurkan, memajukan, dan memperkuat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagaimana tertuang dalam amanat cita-cita Pembukaan Undang-undang Dasar 1945," tuturnya. 

Tema Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh, lanjut Nanda, mempertegas spirit kebangsaan agar tidak menjadikan kondisi penuh tantangan ini untuk berhenti berjuang, tapi justru sebagai episode heroik untuk melanjutkan perjuangan dengan lebih keras dan giat, terutama dalam situasi pandemi seperti sekarang, agar Indonesia tetap tangguh dan terus tumbuh menjadi bangsa yang maju. 

Perayaan HUT Ke-76 RI di KJRI Perth secara keseluruhan berjalan lancar dan tertib. Para tamu undangan dan masyarakat yang secara antusias mengikuti jalannya upacara dengan mengenakan busana-busana Nusantara ikut menyemarakkan suasana.
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021