Para pedagang dan pembeli di pasar tradisional Kota Kediri, Jawa Timur, ikut hormat bendera merah putih dengan mengambil sikap sempurna saat detik-detik Proklamasi dalam peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, Selasa.

Direktur PD Pasar Kota Kediri M. Ihwan Yusuf mengemukakan para pedagang dan pembeli itu sangat bersemangat dan ikut mengambil sikap sempurna saat detik-detik Proklamasi dalam peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI. Kegiatan ini juga ajakan dari dinas, untuk ikut serta menjalankan instruksi pemerintah terkait sikap sempurna saat detik-detik Proklamasi.

"Kegiatan ini merupakan kegiatan yang baru di lingkungan pasar dan sangat bagus sekali. Semoga tahun depan dapat diadakan kegiatan serupa," kata Ihwan di Kediri.

Para pedagang dan pembeli yang ikut serta hormat bendera ada di pasar tradisional, salah satunya Pasar Setonobetek, Kota Kediri. Kendati aktivitas padat, mereka tetap meluangkan waktu untuk hormat bendera merah putih.

Sementara itu, Koordinator Pasar Setono Betek Shaenudin mengaku sebelumnya telah memberikan sosialisasi pada para pedagang dan pembeli melalui pengeras suara yang terpasang di tiap sudut pasar untuk ikut serta hormat bendera

"Kami juga berputar ke lapak-lapak untuk mengingatkan para pedagang untuk menghentikan kegiatan selama lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Alhamdulillah antusias para sangat baik untuk kegiatan ini," ujar Shaenudin.

Suasana khidmat dirasakan saat detik-detik pembacaan Proklamasi dan hormat bendera tersebut. Mereka langsung mengambil bersikap sempurna dan mendengarkan lagu Indonesia Raya hingga selesai.

Setelah lagu dikumandangkan, serentak seluruh pedagang pasar meneriakkan merdeka dengan semangat serta berdoa agar pandemi segera berakhir.

Marsiem, salah seorang pedagang di Pasar Setonobetek, Kota Kediri mengaku senang dengan adanya kegiatan ini.

"Alhamdulillah saya senang ada kegiatan ini. Baru pertama kali saya mengikuti upacara di pasar," ujar Marsiyem.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar sangat mengapresiasi antusias para pedagang dan pengunjung pasar ikut berpartisipasi dalam peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI tersebut.

"Terimakasih bapak ibu sampun menghentikan aktivitas sejenak, mengikuti detik-detik Proklamasi kemerdekaan dengan khidmat. Semoga semangat merdeka hadir di dalam hati kita dan semoga kita juga dapat segera melalui pandemi ini," kata Wali Kota.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021