Bupati Situbondo Karna Suswandi mendorong seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) setempat melakukan terobosan dengan melakukan inovasi sebagai upaya meningkatkan pelayanan publik.

"Setiap organisasi perangkat daerah memang harus mempunyai ide-ide segarnya untuk berinovasi minimal satu inovasi dalam setahun," kata Bung Karna, sapaan bupati, kepada wartawan di Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Menurut ia, pemerintah merupakan pelayan publik yang wajib terus melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan pelayanan publik.

Karena, lanjutnya, melalui pelayanan publik yang inovatif masyarakat akan berdaya dan pertumbuhan ekonomi akan tumbuh pesat yang berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Kata Bung Karna, inovasi daerah menjadi fokus pemerintah kabupaten setempat dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Inovasi setiap OPD tentunya akan mampu mengefisiensi anggaran yang minim, termasuk sumber daya manusia (SDM) yang sangat terbatas. Inovasi harus dilakukan semua OPD karena kondisi SDM, anggaran juga serba terbatas," tuturnya.

Bung Karna menyebutkan Pemkab Situbondo punya sejumlah inovasi unggulan, salah satunya program Sehat Gratis (Sehati), yang merupakan program memberikan pelayanan kesehatan gratis di setiap fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah hanya dengan menunjukkan KTP-e.

"Program Sehati ini untuk mempermudah pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin, yang tidak terakomodasi dalam KIS JKN," katanya.

Bung Karna menambahkan, semua OPD harus memiliki inovasi guna memperbaiki atau meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Sesuai dengan tagline pelayanan aktif, kreatif, efektif dan memuaskan yang disingkat dengan Pakem," ujarnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021