Danrem 081/DSJ Madiun Kolonel Inf Waris Ari Nugroho mengadakan bakti sosial membagikan paket bahan pokok kepada warga di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, sebagai upaya membantu warga di masa pandemi COVID-19.

"Kami memberikan bantuan bahan pokok menyasar masyarakat yang memerlukan bantuan. Walaupun tidak seberapa banyak mudah-mudahan bisa membantu meringankan beban masyarakat," kata Danrem setelah memberikan bantuan kepada warga di Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Kamis.

Dalam kegiatan itu, ada sekitar 4 ton bahan pokok yang diberikan untuk warga di Kota dan Kabupaten Blitar. Sebelumnya, petugas sudah melakukan pendataan pada warga yang memang benar-benar membutuhkan, sehingga bantuan diharapkan tepat sasaran.

Dalam proses pemberian bantuan, pihaknya hanya melakukan simbolis. Sedangkan, untuk pengiriman paket bahan pokok lainnya akan melibatkan bantuan dari Babinsa. Hal itu dilakukan guna mencegah kerumunan, sehingga mengurangi potensi penyebaran COVID-19.

"Rencana ada delapan titik yang tersebar. Nanti dibagi Babinsa, jadi datang ke rumah warga guna menghindari kerumunan," kata dia.

Dalam kegiatan itu, selain dihadiri Danrem 081/DSJ Madiun, juga Dandim dan Kapolres Blitar. Hadir pula beberapa veteran serta komunitas masyarakat. Acara juga digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, karena masih pandemi COVID-19.

Sebelumnya, Korem 081/ DSJ Madiun dan jajaran di bawahnya juga telah membagikan bantuan serupa ke warga membutuhkan di beberapa wilayah Korem 081/ DSJ Madiun. Ada sekitar 711 ton yang didistribusikan mulai Kabupaten Pacitan, Ngawi, Ponorogo, Trenggalek, Magetan, Madiin, Nganjuk, Tulungagung, hingga Blitar. Bantuan itu di luar bantuan dari pemerintah yang dibagikan kepada warga.

Danrem menegaskan, kegiatan itu dilakukan bagian dari rasa ingin berbagi kepada masyarakat terutama saat pandemi COVID-19 tersebut. Saat ini juga masih PPKM, sehingga tentunya bisa bermanfaat untuk membantu masyarakat.

Pihaknya juga ikut serta mendukung pemerintah dengan layanan vaksinasi massal kepada warga. Hal itu sebagai partisipasi dari TNI, untuk turut serta menekan penyebaran COVID-19.

"Selama ini, melaksanakan kegiatan terus menerus vaksinasi dan saya juga keliling. Ke Ngawi, Nganjuk, setelah ini ke Trenggalek. Mudah-mudahan dengan ini memberikan support, dukungan supaya tercapai target yang diharapkan pemerintah," kata Danrem.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021