Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Nico Afinta memantau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk warga Papua yang digelar di Gereja Pantekosta di Indonesia (GPDI) Lahai Roi Surabaya, Kamis.

"Pada pelaksanaan vaksinasi untuk warga Papua kali ini diikuti sebanyak 46 orang untuk dosis pertama dan 104 orang untuk yang menjalani dosis kedua, jadi total 150 orang. Vaksinasi dibantu delapan tenaga kesehatan dari Biddokkes Polda Jatim," kata Kapolda.

Untuk pelaksanaan vaksinasi warga Papua yang tinggal di Surabaya, Mantan Kapolda Kalimantan Selatan itu mengatakan pihaknya akan menyiapkan berapapun jumlah dosis vaksin yang dibutuhkan.

"Berapapun dosis vaksin yang dibutuhkan kami siap asal sesuai dengan persyaratan, di antaranya peserta berusia 12 tahun ke atas, menyiapkan tempat untuk vaksinasi. Sementara ini sudah ada 150 orang yang melaksanakan vaksinasi," katanya.

Kapolda mengapresiasi tokoh agama dan masyarakat yang datang guna mendukung program pemerintah mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Karena kita ketahui bahwa dalam penanggulangan COVID-19, selain melaksanakan protokol kesehatan 5M, juga salah satu caranya dengan vaksinasi," katanya.

Pada kesempatan itu, Irjen Nico menjelaskan saat ini Kota Surabaya masuk PPKM level lV. Kendati demikian, telah dilakukan pembukaan pusat perbelanjaan dan pasar modern dengan syarat menunjukkan kartu vaksin.

"Total warga Jatim yang sudah divaksin saat ini mencapai 24 persen atau sekitar 11 juta," ucapnya.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021