Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Nico Afinta memberikan semangat kepada siswa SMPN 1 Surabaya yang sedang menjalani vaksinasi agar pembelajaran tatap muka segera digelar.

"Saya selaku alumni SMPN 1 datang ke sini untuk memberikan semangat dan dorongan kepada adik-adik yang sedang bersekolah di SMPN 1 supaya mau melaksanakan vaksinasi," katanya saat meninjau pelaksanaan vaksinasi pelajar di SMPN 1 Surabaya, Kamis.

Irjen Nico juga mengapresiasi para siswa yang antusias untuk mendapatkan vaksin dan membantu pemerintah dalam mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok dalam penanganan COVID-19.

"Untuk Jatim sendiri, kami bersama Pemprov Jatim, Pak Pangdam, Pak Kabinda sedang menggalakkan vaksinasi. Mohon kepada seluruh masyarakat ikut dan mau divaksin sebagai salah satu bentuk penanggulangan COVID-19," ujarnya.

Selain itu, Kapolda juga menyebut selama PPKM, vaksinasi menjadi salah satu syarat dari sejumlah kegiatan. Misalnya, syarat perjalanan hingga masuk mal.

"Khusus SMPN 1, saya bangga bisa hadir di sini dengan bertemu kepala sekolah dan guru-guru, saya melihat adik-adik semua sangat antusias di dalam melaksanakan vaksinasi," katanya.

Jenderal polisi bintang dua itu mengatakan bahwa di Surabaya, vaksinasi pelajar juga sedang digalakkan di sejumlah sekolah negeri atau swasta.

Ia pun berharap dengan banyaknya guru hingga murid yang divaksin, kegiatan sekolah tatap muka bisa kembali dibuka.

"Mudah-mudahan dengan adanya vaksinasi ini, kita semua bisa melanjutkan kegiatan belajar mengajar yang direncanakan akan tatap muka apabila guru dan siswanya sudah divaksin," kata Irjen Nico.

Sementara itu, penyelenggara vaksinasi, Kabinda Jatim Marsma TNI Rudy Iskandar menyebut pihaknya melakukan tiga kegiatan vaksinasi tahap dua, yakni di SMPN 1 Surabaya, SMAN 5 Surabaya, dan door to door di Tembok Dukuh Surabaya.

"Dalam kegiatan ini kita menyediakan vaksin 3.800 dosis, kita melaksanakan vaksin lanjutan tidak hanya di Kota Surabaya tapi di pondok pesantren yang ada di Jatim. Karena saya pikir ponpes itu siswanya dari berbagai wilayah dan provinsi. Itu sasaran kita dari BIN. Kita sudah melakukan kegiatan ini di Sidoarjo dan Trenggalek," ujar Rudy.

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021