Dua yayasan bergerak di bidang sosial kemanusiaan yakni Yayasan Bersama Indonesia Sehat dan Berkah Langit berkolaborasi dalam upaya percepatan penanganan COVID-19 di Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Ini merupakan gerakan kolaborasi kemanusiaan oleh dua entitas yayasan yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan yang berusaha mewujudkan kesamaan misi yakni melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan," kata ketua Yayasan Bersama Indonesia Sehat (Bersih) Teguh Prihandoko di Surabaya, Rabu.

Menurut Teguh, Yayasan Berkah Langit memiliki kemampuan dalam jaringan penggalangan dana dan Yayasan Bersama Indonesia Sehat memiliki kemampuan eksekusi program di lapangan dalam upaya membangun Indonesia Sehat. 

Ia berharap kolaborasi dua yayasan ini bisa memberikan manfaat yang lebih besar dalam membantu masyarakat dan pemerintah dalam meningkatkan pelayanan terpadu di sektor kesehatan khususnya selama pandemi.

Teguh mengatakan pihaknya prihatin lamanya waktu evakuasi pasien maupun jenazah COVID-19 di Surabaya selama Juli 2021 karena ambulans yang ada sudah overload.

Mendapati hal itu, pihak Yayasan Berkah Langit melakukan penggalangan dana dan alhasil belum sebulan sudah mendapatkan ambulans. Yayasan Berkah Langit didirikan oleh sekumpulan pegawai Pelindo 3 group yang memiliki semangat gotong royong untuk kegiatan sosial yang bermanfaat bagi umat.

Salah satu bentuk kolaborasi yang dilakukan adalah Yayasan Berkah Langit memberikan bantuan 1 unit mobil ambulans untuk penanganan COVID-19. Serah terima bantuan  dilaksanakan di Sekretariat Yayasan Bersih di Jalan Mawar 54 Surabaya pada Selasa (10/8) malam. 

Ambulans itu diserahkankan langsung oleh pendiri Yayasan Berkah Langit Budi Setiyo yang didampingi oleh Ifan Johar K (bendahara yayasan) dan Umi Noer Fauziah (sekretaris yayasan). Turut menyaksikan Parajaya Edward, Manajer Corsec PT. Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI) yang merupakan Anak Perusahaan dari PT.Pelindo III. 

Dari pihak Yayasan Bersih terlihat Teguh Prihandoko didampingi Pengurus yayasan yakni HS Danang, Dina Rahmawati, Joko sutrisno dan Agung Prabowo.

Ketua 1 Yayasan Bersih lainnya, HS Danang mengatakan bantuan tersebut merupakan suatu keberkahan bagi Yayasan Bersih di tahun baru hijriah. Donasi ambulans itu bisa memberi semangat baru, bentuk pelayanan baru kepada masyarakat khususnya dimasa pandemi COVID-19 ini. 

"Kami berterima kasih kepada yayasan Berkah Langit dan PT. BJTI," katanya. 

Danang mengatakan pelayanan ambulans tersebut nantinya akan diberikan secara gratis kepada masyarakat. "Saat ini kami masih menunggu surat mobil keluar dan pengurusan perizinan ambulans," ujarnya.

Sementara itu, pendiri Yayasan Berkah Langit Budi Setiyo mengharapkan agar Yayasan Bersih dapat memberikan pelayanan secara cepat, mudah dan siap 24 jam kepada masyarakat yang membutuhkan terutama kepada masyarakat yang kurang mampu. 

"Pelayanan ini berupa evakuasi pasien gawat darurat dan juga pengantaran jenazah," katanya. (*)

 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021