Perusahaan peleburan dan pemurnian tembaga di Gresik, PT Smelting, bekerja sama dengan Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Jawa Timur membagikan sebanyak 1.500 tabung besar oksigen secara gratis untuk sejumlah rumah sakit.

"Alhamdulillah, kami sudah membagikannya untuk beberapa rumah sakit di Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo, Malang, Kediri, dan Pasuruan," ujar Koordinator Bantuan Oksigen Kagama Jatim Trisnaini Andrya Ningsing di Surabaya, Selasa.

Ia mengatakan bahwa secara keseluruhan ada 3.000 tabung oksigen besar disiapkan dan selanjutnya didistribusikan pada pekan ini.

Bantuan tabung oksigen medis tersebut merupakan hasil sinergitas PT Smelting dengan Kagama Jatim yang didukung PT Petrokimia Gresik dan PT Samator untuk pendistribusiannya.

Kagama Jatim telah mendapatkan bantuan oksigen cair 25 ton dari PT Smelting, lalu dimasukkan ke terminal pengisian gas PT Samator di Gresik.

Tidak itu saja, Kagama Jatim juga membantu peti jenazah untuk RSUD dr. Soetomo dan Pemerintah Kota Surabaya.

Direktur Komersial dan Bisnis PT Smelting Irjunawan P. Radjamin menyampaikan bantuan oksigen medis ini merupakan bagian komitmen corporate social responsibility (CSR).

Selain bekerja sama dengan Kagama Jatim, oksigen dari PT Smelting yang diproduksi PT Linde ini juga diperbantukan ke Kementerian Kesehatan melalui Kementerian Perindustrian dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Ia juga menjelaskan sejak PPKM darurat diterapkan awal bulan lalu, PT Smelting telah mengurangi kapasitas produksinya untuk membantu pengadaan oksigen medis bagi penanganan COVID-19.

"Kami sangat senang bisa mendukung Kagama Jatim yang membagikan oksigen gratis bagi rumah sakit karena sangat membutuhkan," kata Wawan, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua Kagama Jatim Arif Afandi mengaku terharu dengan antusiasme para donatur dari anggota dalam Program Donasi Kemanusian Penanganan COVID-19.

"Terima kasih juga kepada PT Smelting dan Petrokimia Gresik yang menyisihkan CSR-nya untuk mendukung program ini," kata Wakil Wali Kota Surabaya periode 2005-2010 tersebut.

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021