PT INKA (Persero) memberikan bantuan berupa delapan unit ventilator oksigen portabel kepada Rumah Sakit Pelindo Husada Citra (RSPHC) Surabaya guna penanganan pasien COVID-19 yang lebh maksimal.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh GM Sekretaris Perusahaan PT INKA (Persero) Puguh Dwi Tjahjono kepada Direktur Utama RSPHC Abdul Rofid Fanany di Surabaya, Senin.

"Dengan adanya pemberian bantuan ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan oksigen dan peralatannya untuk area Jawa Timur dalam usaha penanggulangan COVID-19," ujar Puguh dalam keterangannya di Madiun, Senin.

Menurut dia, bantuan alat ventilator oksigen portabel tersebut diberikan dalam rangka memenuhi permintaan Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada Satgas Bencana Nasional BUMN Jatim untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan peralatannya khususnya di area provinsi ini.

"Semoga alat ini dapat digunakan dengan maksimal. Kita semua berharap agar pandemi COVID-19 segera berlalu," kata dia.

Puguh menambahkan INKA berkomitmen mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19 yang masih melanda di Tanah Air.

Sebelumnya, INKA juga telah membuat kereta medik darurat atau "Emergency Medical Train (EMT) yang digunakan untuk membantu penyediaan ruang isolasi bagi pasien COVID-19 di wilayah Kota Madiun daan sekitarnya. Hingga, saat ini kereta medik tersebut masih dioperasikan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemkot Madiun dan sejumlah donatur.

Selain penyediaan kereta medik darurat, dalam upaya penanganan COVID-19, INKA juga berkontribusi memberikan ribuan masker kepada Pemkot Madiun untuk disalurkan ke masyarakat. Selain itu juga pembagian bantuan sembako untuk warga yang terdampak pandemi.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021