Pertamina Subholding Commercial & Trading melalui Marketing Region Jatimbalinus menyalurkan bantuan senilai Rp150 juta untuk mendukung Pemkot Surabaya menghadapi pandemi COVID-19.

Executive General Manager Pertamina Marketing Region Jatimbalinus, C.D. Sasongko, Senin di Surabaya, mengatakan, bantuan itu diberikan berupa pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) dengan rincian 5.000 lembar masker medis, 2.000 set Alat Tes Rapid Antigen serta 100 set APD Hazmat.

"Bantuan kami serahkan pada hari ini secara langsung di Balaikota Surabaya, dan kami mencoba hadir mendukung Pemerintah Kota yang tengah berperang dengan Pandemi COVID-19," kata Sasongko, dalam siaran persnya yang diterima wartawan.

Ia mengakui, dampak lonjakan pandemi COVID-19 saat ini cukup memberikan efek nyata bagi pelayanan kesehatan yang diberikan oleh berbagai rumah sakit.

"Selain sarana prasarana insfrastruktur kesehatan, kebutuhan lain yang tidak pernah berhenti adalah alkes yang digunakan dalam pelayanan kesehatan masyarakat di masa pandemi, penyediaan alkes untuk digunakan oleh para nakes tidak boleh terlambat sehingga mengalami shortage," ujar Sasongko.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dalam kesempatan menerima bantuan tersebut mengaku berterima kasih atas dukungan dari Pertamina yang memberikan bantuan alat kesehatan.

Eri juga menyampaikan bahwa bantuan ini akan didistribusikan ke fasilitas layanan kesehatan di Kota Surabaya melalui jaringan relawan agar dapat segera dimanfaatkan para nakes, khususnya yang melayani masyarakat di Rumah Sakit dan Puskesmas yang membutuhkan.

Sementara itu, sejak awal pandemi Maret Tahun 2020 sampai saat ini, Pertamina Marketing Region Jatimbalinus sudah menyalurkan berbagai bantuan dalam rangka penanggulangan COVID-19 di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Di antaranya melalui Program Pertamina Peduli Penanggulangan COVID-19, selain menyalurkan bantuan alat kesehatan ke pemerintah kota, rumah sakit, paramedis, dan masyarakat juga membantu masyarakat yang terdampak secara ekonomi.

Termasuk dukungan bagi anak-anak yang kurang mampu yang perekonomian keluarganya menurun akibat terdampak pandemi COVID-19, agar tetap termotivasi melanjutkan pendidikannya di jenjang pendidikan formal. Hal ini sebagai bentuk peranan lebih Pertamina dalam wujud nyata BUMN Untuk Indonesia. (*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021