Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengimbau masyarakat yang melakukan pembagian daging kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah tidak menggunakan kantong plastik sebagai pembungkus guna meminimalisasi sampah plastik.

Pemerintah Kota Probolinggo menyerahkan 41 ekor hewan kurban terdiri dari 27 ekor kambing dan 4 ekor sapi yang diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin kepada takmir masjid, lembaga keagamaan dan lembaga pendidikan di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Probolinggo, Senin.

"Kami berharap dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban untuk meminimalisasi penggunaan kantong plastik," kata Hadi Zainal Abidin di RPH Kota Probolinggo.

Panitia pembagian hewan kurban diimbau menggunakan besek yang terbuat dari bambu, daun kelapa, dan daun pandan, bisa juga menggunakan daun jati, daun pisang, dan tempat makanan yang bisa digunakan kembali untuk membungkus daging kurban.

Dalam situasi dan kondisi pandemi, lanjut dia, tidak semuanya diundang, hanya empat perwakilan. Namun, mudah-mudahan tidak mengurangi rasa kebersamaan, bentuk kebersamaan pemerintah bersama tokoh-tokoh masyarakat.

"Bantuan hewan kurban yang diperoleh dari Perangkat Daerah akan dilakukan secara bergilir. Tahun ini terkumpul 37 ekor kambing dan 4 ekor sapi. Mudah-mudahan menjadikan amal ibadah kita semuanya," tuturnya.

Wali Kota yang biasa dipanggil Habib Hadi itu meminta kepada seluruh masyarakat Kota Probolinggo agar malam takbir diisi dengan kegiatan yang bermanfaat.

"Saya harapkan masyarakat tetap di rumah, mengikuti doa bersama melalui akun live Pemerintah Kota Probolinggo," tuturnya.

Sementara itu, Kasubag Keagamaan Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkot Probolinggo Nari melaporkan bahwa kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas keimanan, ketaqwaan dan rasa syukur kepada Allah SWT, serta meningkatkan solidaritas dan memupuk kepedulian terhadap umat Muslim.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021