Legislator menggelar aksi sosial dengan memberikan sembako untuk kebutuhan hidup selama sepekan kepada warga yang menjalani isolasi mandiri (siman) di daerah pemilihannya di Kota Surabaya, Jatim.

"Setiap dapat laporan dari warga yang sedang isoman ataupun kabar dari tetangga yang isoman di situ sebisa mungkin memberikan sembako. Termasuk kemarin (15/7)  saya beri sembako kepada sejumlah isoman," kata anggota Komisi D Bidang Kesra DPRD Surabaya Norma Yunita di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, bantuan sembako tersebut diberikan kepada warga yang menjalani isoman ketika belum dapat intervensi dari Pemkot Surabaya maupun pihak terkait lainnya. Untuk pembagian sembako dan makanan kepada warga isoman, Norma dibantu pihak kelurahan, kepolisian dan TNI.

Pembagian sembako yang dilakukan pada Kamis (15/7) untuk warga Undaan Wetan RT 3 dan RT 4, RW 10 Kelurahan Ketabang, Kecamatan Genteng. Sebelumnya, pembagian sembako dilakukan di Kelurahan Kapasari, Kelurahan Embong Kaliasin dan Peneleh yang masuk Kecamatan Genteng.

Ia mengatakan pembagian sembako ini adalah bantuan stimulan sebelum nantinya diurus kesehariannya oleh pihak dinas terkait. Sembako tersebut terdiri dari beras, minyak, mie instan, dan telor.

"Semoga dengan adanya bantuan sembako ini dapat meringankan dan membantu beban warga isoman. Jika nanti sembako habis bisa nanti dipersiapkan lagi dan segera dikirim ke rumah warga isoman," ujar anggota Fraksi PDIP ini.

Untuk itu, kata dia, pihaknya memastikan warga akan mendapatkan obat-obatan dan makanan baik dari sukarelawan maupun pemkot selama menjalani isolasi mandiri. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berpesan kepada seluruh warga Kota Pahlawan agar memperketat protokol kesehatan (prokes), termasuk mengurangi mobilitas. Jika tidak terlalu penting maka sebaiknya tidak perlu keluar rumah. 

Eri berharap dalam situasi seperti saat ini seluruh masyarakat kompak mematuhi aturan sehingga diharapkan pandemi COVID-19 akan segera hilang dari Surabaya. 

"Tolong ini ini harus segera dihentikan. Saya butuh bantuan seluruh warga untuk komitmen. Mudah-mudahan badai pandemi ini akan segera berakhir, amin," ujaranya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021