Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (MRCCC) atau Siloam Hospitals Semanggi bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) setempat menggelar donor untuk memenuhi kebutuhan stok darah di masyarakat.

"Aksi donor merupakan kepedulian akan adanya kebutuhan darah di masyarakat, terutama di tengah lonjakan Pandemi COVID-19 saat ini," ujar Hospitals Director MRCCC Dr. Adityawati Ganggaiswari, M.Biomed., dalam keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Rabu.

Sejumlah 61 Kantong darah berhasil dikumpulkan melalui kegiatan aksi donor darah yang juga sebagai bagian dari rangkaian kegiatan memperingati satu dekade usia MRCCC tersebut.

"Hasil yang terkumpul didistribusikan oleh PMI. Sekitar 61 Kantong yang terkumpul dan setiap kantong berisi 350 ml. Kami lakukan kegiatan ini dengan protokol kesehatan yang sangat ketat," katanya.

Aksi donor darah diikuti oleh 72 peserta yang terdiri dari karyawan Siloam Hospitals dan pendamping pasien.

Sebelumnya para peserta donor diharuskan mengikuti seleksi dan memenuhi syarat sebagai pendonor.

Di sisi lain, khusus ke pasien kanker, MRCCC terus berupaya meningkatkan pelayanannya, terutama penanganan secara multidisiplin yang memang sangat diperlukan mengingat penyebabnya multifaktorial dan kompleks. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021