Taman Wisata Umbul atau Madiun Umbul Square di Kabupaten Madiun, Jawa Timur membuka donasi bagi masyarakat umum yang ingin membantu pemeliharaan koleksi satwa terlindungi di kebun binatang setempat.

Direktur Taman Wisata Umbul Kabupaten Madiun Afri Handoko di Madiun, Jumat, mengatakan pembukaan donasi tersebut salah satu cara yang ditempuh oleh manajemennya untuk kelancaran operasional perawatan koleksi satwa yang terdampak pandemi COVID-19.

"Selama pandemi, Taman Umbul banyak tutupnya sebagai imbas dari penerapan PPKM Mikro dan saat ini darurat. Bedanya Umbul dengan yang lain, meski tutup kami masih ada para satwa yang harus dirawat dan dijaga keberlangsungannya," ujarnya.

Oleh karena tutup, secara langsung pendapatan sebagai sumber dana operasional Taman Umbul otomatis terhenti. Dampak paling nyata adalah kepada para satwa yang menjadi koleksinya.

"Akibatnya, kami kesulitan dalam memelihara dan menjaga keberlangsungan satwa-satwa, terutama satwa yang dilindungi dan titipan negara," katanya.

Pihak manajemen saat ini mengalami kebingungan untuk memenuhi biaya operasional perawatan sebanyak 168 satwa yang menjadi koleksinya, yakni satwa jenis mamalia, aves, dan reptil.

Kebutuhan mendasar untuk pemeliharaan hewan-hewan tersebut, di antaranya makanan satwa berupa buah-buahan, daging ayam segar, dan obat-obatan.

Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu dan memberikan donasi untuk pemeliharaan koleksi satwa di Taman Umbul. Meski demikian, donasi terus dibuka karena pandemi belum diketahui kapan berakhir.

"Harapan kami, pandemi segera berakhir. Paling tidak kasus COVID-19 dapat terkendali, sehingga sektor ekonomi dan pariwisata dapat dibuka kembali," katanya.

Kebun binatang di Taman Wisata Umbul Madiun telah memiliki izin prinsip sebagai lembaga konservasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dengan memegang status sebagai lembaga konservasi, fungsi kebun binatang Taman Wisata Umbul Madiun tidak hanya tempat wisata, namun juga sebagai lembaga edukasi masyarakat akan pelestarian satwa, fungsi konservasi, serta status satwa yang menjadi koleksinya juga telah resmi.

Sejumlah satwa dilindungi yang ada di kebun binatang Taman Wisata Umbul Madiun, di antaranya binturung, merak hijau, rusa tutul, buaya muara, kakaktua jambul kuning, dan beruang madu.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021