Pemerintah Kabupaten Sidoarjo optimistis target vaksinasi 9.000 orang per hari bisa terpenuhi sebagai upaya meningkatkan imun masyarakat untuk menghadapi virus corona atau COVID-19.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor alias Gus Muhdlor di Sidoarjo, Kamis, mengatakan semakin banyak yang mendapatkan vaksinasi, maka potensi penyebaran COVID-19 bisa ditekan.

"Target kami sehari vaksinasi 9.000 orang. Mulai besok kegiatan vaksinasi seperti ini kita galakkan sehingga target dari Provinsi Jatim bisa tercapai," kata Gus Muhdlor saat meninjau vaksinasi 500 orang yang diselenggarakan organisasi Pemuda Pancasila di Sidoarjo.

Ia mengatakan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo jumlah warga yang sudah mendapatkan vaksinasi tahap 1 sebanyak 303.553 orang.

"Sedangkan yang mendapatkan vaksinasi tahap 2 sebanyak 176.588 orang," ujarnya.

Untuk itu, Gus Muhdlor mengapresiasi organisasi kemasyarakatan seperti Pemuda Pancasila menggelar vaksinasi karena membantu pemerintah dalam mempercepat target yang ditetapkan pemerintah sebanyak 1 juta vaksin sehari.

"Saya sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pemuda Pancasila yang telah menginisiasi kerja sama dengan seluruh organisasi kepemudaan yang telah bersama-sama menyukseskan program Presiden dalam rangka 1 juta vaksin per hari," ujar Gus Muhdlor.

Ia mengatakan apresiasi diberikan karena kegiatan ini diinisiasi oleh organisasi di luar pemerintah sehingga meringankan beban pemerintah.

"Harapan kami ke depan semoga kegiatan ini menjadi salah satu prototipe sekaligus lokomotif utama bahwa vaksinasi ini harus disukseskan oleh semua pemangku kepentingan termasuk organisasi kepemudaan lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda Pancasila Kabupaten Sidoarjo Mursyidi menyampaikan pelaksanaan vaksinasi dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Antrean vaksinasi diatur oleh petugas dari PP untuk mencegah supaya tidak terjadi kerumunan. Selain disediakan tenda, peserta vaksinasi juga dibagi dalam lima gelombang. Setiap gelombang ada 100 orang," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan vaksinasi tahap pertama ini berjalan lancar, karena sudah dipersiapkan dengan baik. Selanjutnya vaksinasi tahap kedua nanti akan dilakukan pada tanggal 15 Agustus mendatang.

"Kami siap membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021