Seluruh fraksi di DPRD Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menyetujui Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPP) APBD 2020 dalam rapat paripurna dengan agenda penyampaian pendapat akhir fraksi dan penandatanganan persetujuan bersama tentang raperda tersebut di DPRD Kabupaten Probolinggo, Kamis.

Rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Probolinggo Andi Suryanto Wibowo itu dihadiri seluruh anggota dewan dan dari pihak eksekutif hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto, sedangkan Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari mengikuti secara virtual bersama sejumlah pejabat di lingkungan pemkab setempat.

"Seluruh fraksi mulai dari Fraksi NasDem, PKB, Golkar, Gerindra, PPP dan PDI Perjuangan dapat menerima dan menyetujui Raperda LPP APBD 2020 untuk ditetapkan menjadi Perda," kata Ketua DPRD Probolinggo Andi Suryanto Wibowo.

Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual mengatakan Raperda Tentang LPP APBD Tahun Anggaran 2020 yang diajukan oleh eksekutif telah disetujui bersama antara Pemkab dengan DPRD Kabupaten Probolinggo, sehingga mencerminkan kerja sama dan ketaatan dalam pengelolaan keuangan daerah.

"Laporan Keuangan Daerah Pemerintah Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2020 telah mendapatkan opini tertinggi dari BPK yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), sehingga kami mendapatkan WTP delapan kali secara berturut-turut," tuturnya.

Kendati demikian, lanjutnya, masih ada catatan dan beberapa kendala yang perlu mendapat perhatian untuk ditindaklanjuti pada tahun mendatang, sehingga opini BPK tersebut terus dapat dipertahankan.

"Oleh karena itu mohon kerja sama dan dukungan dari segenap jajaran DPRD Kabupaten Probolinggo. Saran yang kami terima, baik pada rapat pemandangan umum fraksi-fraksi hingga pendapat akhir akan kami pedomani untuk segera ditindaklanjuti sesuai peraturan perundang-undangan," katanya.

Tantriana juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan para anggota DPRD yang telah memberikan saran, masukan, tanggapan dan imbauan serta pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan dalam rapat paripurna LPP APBD 2020.

"Semua itu sebagai bahan perbaikan dalam melaksanakan tugas-tugas, utamanya dalam peningkatan kualitas SDM pengelola keuangan maupun penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan, serta pelayanan kepada masyarakat di Probolinggo," ujarnya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021