PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB ) memberikan bantuan pelatihan guna pemberdayaan lingkungan dan sumber daya manusia kepada warga sekitar proyek pembangunan SUTET 500kV Grati-Kalanganyar.

Manager Bagian Perizinan dan Komunikasi UIP JBTB, Gina Widiasari dalam keterangan persnya di Surabaya, Jumat mengatakan bantuan  berupa pelatihan untuk ibu-ibu PKK Desa Kedawung Wetan Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. 

Pelatihan yang diberikan yaitu pelatihan pembuatan kue kering, pelatihan pembuatan keripik buah dan pelatihan pembuatan minuman tradisional. 

Selain itu, kata Gina, bantuan juga disalurkan berupa alat marawis sebagai pendukung kegiatan desa, dengan total keseluruhan mencapai Rp105 juta.

"Hal ini sebagai upaya untuk membantu masyarakat khususnya ibu-ibu di sekitar Proyek SUTET 500kV Grati-Kalanganyar agar bisa menambah penghasilan mereka dan kami lihat PKK disini sangat aktif dan memiliki potensi untuk dikembangkan," ujarnya.

Bantuan, kata Gina menjelaskan,  juga diberikan untuk 2 desa lainnya yang berada dalam ring 1 pekerjaan PLN. 

Proyek pembangunan SUTET 500kV Grati-Kalanganyar merupakan proyek pembangunan strategis ketenagalistrikan yang akan memperkuat subsistem kelistrikan Jawa-Bali. 

“Saat ini proses pembangunan SUTET 500kV Grati-Kalanganyar dalam tahap konstruksi tower, jika nanti beroperasi SUTET ini akan menambah keandalan penyaluran listrik di Jawa dan Bali," ujarnya. (*)








 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021