Keterisian tempat tidur ruang ICU dan non-ICU di rumah sakit rujukan COVID-19 Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, yakni RSUD dr. Abdoer Rahem dan Rumah Sakit Elizabeth mulai penuh, seiring terus melonjaknya kasus warga yang terpapar virus corona sejak beberapa pekan terakhir.

Ruang ICU di RSUD dr. Abdoer Rahem yang menyediakan 16 tempat tidur sudah penuh pasien COVID-19, termasuk ruang non-ICU 19 juga penuh. Bahkan, hingga saat ini ada sejumlah pasien harus antre untuk masuk ruang isolasi.

Sementara di RS Elizabeth Situbondo, sebanyak 15 tempat tidur di ruang ICU dan non-ICU juga terisi penuh.

"Untuk ruang ICU dan non-ICU di RSUD dr. Abdoer Rahem per hari ini penuh. Hari ini kami siapkan untuk menambah lagi delapan tempat tidur ruang non-ICU," kata Pelaksana Tugas Direktur RSUD dr. Abdoer Rahem Situbondo dr. Roekmini saat dihubungi di Situbondo, Rabu.

Menurut dia, delapan orang pasien COVID-19 yang saat ini antre di ruang IGD dipastikan masuk ruang isolasi non-ICU pada hari ini, menggantikan pasien yang sudah mulai pulih.

Sedangkan tambahan delapan tempat tidur ruang non-ICU, lanjut dia, saat ini sedang dipersiapkan dan dijadwalkan pada Kamis (24/6) sudah bisa digunakan.

"Tambahan delapan tempat tidur non-ICU mulai besok sudah bisa digunakan. Pasien yang terpapar ini kan tidak bisa dipastikan, bisa bertambah seketika dan bisa pula berkurang karena sembuh," tuturnya.

Data sebaran COVID-19 di Situbondo, hingga Selasa (22/6), tercatat sebanyak 2.734 kasus, dengan rincian 2.406 orang sembuh, 217 orang meninggal, dalam perawatan atau kasus aktif 111 orang (dirawat di rumah sakit 19 pasien, gedung observasi 5 orang, dan 87 orang isolasi mandiri). (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021