Universitas Airlangga (Unair) Surabaya menerima sebanyak 2.000 calon mahasiswa baru dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini.

"Tahun ini jalur SBMPTN Universitas Airlangga menerima 2.000 calon mahasiswa baru dari sekitar 27.338 peminat," kata Prof. Mohammad Nasih di Surabaya, Senin.

Prof. Nasih merinci jumlah peserta yang diterima di jalur SBMPTN terbilang melebihi daya tampung awal yaitu 1.893 mahasiswa baru. 

Selain itu, penerimaan jalur SBMPTN ini masih didominasi peserta di Jawa Timur, meskipun ada juga peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Kemudian, dikatakan Prof. Nasih, peserta perempuan yang diterima di Unair jauh lebih tinggi dari pada laki-laki. Tahun ini peserta laki-laki yang lolos SBMPTN hanya 33 persen, sisanya perempuan.

"Dari jumlah peserta yang diterima, ada 350 peserta pemegang KIP-Kuliah. Hal ini menjadi kesempatan emas peserta yang memiliki KIP Kuliah," ujarnya 

Prof. Nasih mengungkapkan program studi favorit biasanya terlihat dari keketatan yang tinggi dalam seleksinya. 

Untuk bidang Saintek, prodi Kedokteran masih menjadi favorit dengan keketatan tinggi, disusul prodi Farmasi, Prodi Teknobiomedik dan prodi Sistem Informasi.

"Untuk Soshum, prodi Psikologi  dan Ilmu Komunikasi masih menjadi pilihan utama keketatannya," katanya.

Bagi peserta yang lolos seleksi, Prof. Nasih mengimbau agar segera mencari informasi terkait daftar ulang. Pasalnya sejumlah prodi juga menyaratkan ketentuan tambahan untuk benar-benar diterima sebagai mahasiswa Unair.

"Yang belum diterima, masih banyak peluang di jalur Mandiri, D3, D4 dan beberapa program serta kelas internasional," kata Prof. Nasih. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021