Kabupaten Sidoarjo terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia sebagai upaya meminimalkan penyebaran virus corona di daerah setempat.
 
Kepala Dinas Kesehatan Jatim Herlin Ferliana di Sidoarjo, Sabtu, mengatakan target vaksinasi lansia sebanyak 2,5 juta sasaran dan baru tercapai 23 persen.
 
 
"Untuk Kabupaten Sidoarjo vaksinasi lansia mencapai 23 persen dari total 283.000 lansia di Sidoarjo," katanya di sela vaksinasi massal kepada 1.000 lansia di Kabupaten Sidoarjo.
 
Ia mengatakan vaksinasi tersebut dilakukan dalam rangka mmeringatan Hari Lansia sekaligus mengejar target vaksinasi lansia. "Ini merupakan upaya kerja keras kita untuk vaksinasi lansia,” ujarnya.
 
Herlin mengatakan meski sudah melakukan vaksinasi, protokol kesehatan harus tetap dilakukan dan tidak boleh ditinggalkan.
 
"Vaksinasi adalah salah satu upaya, upaya lainnya adalah menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas)," ucapnya.
 
Sementara itu, Ketua TP PKK Sidoarjo Sa'adah Ahmad Muhdlor mengatakan 1.000 orang lansia itu berasal dari Kecamatan Waru, Sedati, Gedangan, dan Buduran.
 
"Kami bahagia bisa hadir secara langsung dan dapat menemani para lansia dalam proses vaksinasi. Sebelumnya juga telah dilaksanakan vaksinasi lansia di Kecamatan Sidoarjo dengan 300 orang peserta pada 29 Mei lalu," ucapnya.
 
Pada hari ini, lanjutnya, gebyar vaksinasi lansia kepada 1.000 lansia di empat kecamatan di Sidoarjo."Saat ini kita masih berdampingan dengan COVID-19 dan kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Untuk itu, sebagai salah satu wujud upaya pemerintah memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama para lansia, dengan memberikan vaksin COVID -19," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021