Bupati Situbondo Karna Suswandi mulai menyosialisasikan program pembangunan infrastruktur jalan kepada warga Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, Minggu.

Pembangunan infrastruktur jalan ke dusun di kawasan Taman Nasional Baluran dan dihuni sekitar 1.500 jiwa ini, juga untuk membuka akses ke sejumlah destinasi pantai di kawasan Merak-Baluran.

"Jadi, kami sampaikan kepada masyarakat Dusun Merak, yang kaitannya dengan permintaan warga untuk bisa membangun akses transportasi menuju Dusun Merak, karena dusun ini merupakan salah satu dusun yang terisolir," kata Bung Karna, sapaan bupati, di Situbondo.

Menurut dia, dengan dibangunnya akses jalan menuju kawasan wisata Merak-Baluran itu, tentunya kan memberikan dampak perekonomia masyarakat setempat secara keseluruhan.

Kata Bung Karna, masyarakat Dusun Merak menyambut baik upaya pemerintah daerah setempat untuk membangun infrastruktur jalan, karena selama ini akses menuju dusun tersebut sulit dilalui, dan sebagian besar masyarakat menggunakan transportasi laut.

"Alhamdulillah masyarakat mengaku senang dan gembira. Bahkan menyampaikan bahwa mulai hari ini mereka punya harapan memilik akses jalan,s ehingga dapat meningkatkan ekonomi mereka," tuturnya.
 
Bupati Situbondo Karna Suswandi didampingi istri menimba air di sumur warga Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Situbondo. Minggu (23/5/2021) (ANTARA/Novi H)

Pembangunan akses menuju Dusun Merak direncanakan mulai dibangun pada tahun depan (2022). Upaya membangun infrastruktur jalan ini dilakukan karena selama ini warga belum mendapatkan pelayanan laik dari era pemerintahan sebelumnya.

Dari pantauan, tokoh masyarakat setempat meminta pelayananan kesehatan dan pendidikan, karena sampai saat ini satu-satunya lembaga pendidikan hanya ada satu sekolah dasar (SD) dan masih filial. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021