PT Permodalan Nasional Madani (Persero) membagikan sebanyak 14.875 paket sembako kepada masyarakat prasejahtera dan nasabah PNM Mekaar selama kegiatan Safari Ramadhan yang digelar perusahaan BUMN tersebut sejak 18 hingga 28 April 2021.

Direktur Utama PT PNM (Persero) Arief Mulyadi dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Selasa, mengatakan kegiatan Safari Ramadhan bertujuan utama berbagi kebahagiaan dengan nasabah dan anak yatim piatu, terutama di tengah kondisi pandemi yang belum usai.

"Dari sudut pandang kami, Safari Ramadhan ini juga menjadi sarana untuk mempererat rasa kekeluargaan dengan karyawan PNM yang menjadi pendamping nasabah Mekaar sebagai ujung tombak dan garda terdepan pemberdayaan UMK yang dilakukan PNM di seluruh Indonesia," katanya.

Selain memberikan paket sembako, PNM juga memberikan santunan kepada 10.032 anak yatim piatu dan dhuafa lintas agama di 875 cabang PNM Mekaar di seluruh Indonesia.

Ia mengatakan kegiatan kali ini dilakukan dengan menugaskan beberapa karyawan kantor pusat PT PNM (persero) yang masuk kategori karyawan unsur Gen Z dan karyawan muda PNM, ke seluruh pelosok Tanah Air.

"Lokasi yang dipilih sangat beragam, mulai dari ujung Pulau Sumatera hingga Kepulauan Maluku yang berjarak ribuan kilometer. Jalan yang ditempuh tidak selalu mulus bahkan terjal dan berbatu, ada yang lewati pantai, gunung, bukit, dan lembah dengan transportasi darat, udara dan laut," katanya.

Ia menjelaskan beberapa wilayah yang cukup ekstrem dan membutuhkan waktu belasan jam diperjalanan di antaranya Kecamatan Gunung Meriah, Aceh Singkil, Provinsi Aceh, dan Kecamatan Bolang Uki, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Selatan, kemudian Kecamatan Batalaiworu, Kebupaten Muna, Sulawesi Tenggara.

Arief menjelaskan pembagian di berbagai wilayah itu menjadi bukti bahwa PNM hadir dan melayani UMK di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) yang masih sulit dijangkau.

"Meskipun Ramadhan tahun ini masih dalam situasi pandemi COVID-19, tidak menyurutkan semangat Insan PNM untuk terus menyebarkan kebaikan dengan berbagi kepada sesama ke seluruh pelosok negeri," katanya.

Sementara itu, salah satu insan PNM, Sendy, bercerita bahwa dia harus menempuh waktu 15 jam perjalanan darat dari Bandar udara International Sultan Iskandar Muda Aceh dengan menempuh jarak sejauh 638 km.

Di balik panjangnya perjalanan, dia bersyukur atas kesempatan berbagi langsung kepada yang sangat membutuhkan di bulan yang penuh berkah ini.

Sementara itu, kegiatan safari ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yakni selalu menerapkan 3M.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021