Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur berkeliling di sejumlah pusat perbelanjaan di kabupaten setempat untuk mengantisipasi kerumunan orang demi menghindari penyebaran COVID-19.
 
Selain berkeliling, kata Kepala Kepolisian Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Sumardji di Sidoarjo, Jumat, petugas juga bersiaga di sejumlah lokasi yang menimbulkan keramaian.
 
"Hal ini untuk mendorong masyarakat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan menjelang Idulfitri 1442 Hijriah," ujarnya.
 
Petugas yang berjaga tersebut, kata dia, mengingatkan kepada masyarakat serta mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi menimbulkan klaster baru penyebaran COVID-19 di tempat tersebut.
 
Menurut dia, dalam menanggulangi COVID-19, pihaknya melakukan berbagai cara, salah satunya dengan pendisiplinan masyarakat yang berkunjung ke dalam pertokoan atau pusat perbelanjaan.
 
"Masyarakat mempunyai tradisi membeli baju Lebaran maka dalam mencegah melonjaknya angka kasus COVID-19 perlu adanya imbauan tentang protokol kesehatan melalui pengecekan tempat cuci tangan serta menjaga jarak," kata Kapolresta.
 
Dalam kegiatan kali ini terpantau pengunjung dan juga karyawan sudah mematuhi peraturan yang telah ditetapkan, para pengunjung terpantau disiplin menggunakan masker dan menjaga jarak.
 
"Meskipun ada satu atau dua orang yang tidak disiplin, petugas dengan sigap memberikan teguran humanis kepada mereka," ujarnya.
 
Dari data per hari ini, jumlah pasien COVID-19 di Kabupaten Sidoarjo sebanyak 11.267 orang, kemudian yang berhasil disembuhkan sebanyak 10.628 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 624 orang.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021