Bulan Ramadan menjadi salah satu masa yang paling menantang bagi industri layanan pesan-antar makanan seiring meningkatkan penggunaan aplikasi oleh para konsumen, terutama pada jam-jam mendekati waktu berbuka puasa.

Data GrabFood mencatat bahwa pesanan para konsumen selama Ramadan terkonsentrasi di waktu-waktu menjelang berbuka puasa antara pukul 16.00 hingga 17.00 WIB. Berbeda dengan di luar Ramadan, jam sibuk terbagi secara merata di waktu makan siang dan makan malam.

"Oleh karena itu, kondisi ini tentu dapat membebani mitra pengantaran, merchant dan juga platform GrabFood," sebut Head of Marketing GrabFood, Grab Indonesia, Hadi Surya Koe dalam siaran pers yang diterima di Surabaya, Kamis malam.

Menurut Hadi, setiap tahun tim teknologi dan operasional Grab bersiap-siap selama berbulan-bulan sebelum Ramadan untuk merencanakan aspek operasional pada periode ini.

"Dengan fitur aplikasi yang disempurnakan, keterlibatan mitra pengemudi dan merchant sejak awal, dan dukungan 24/7 dari tim GrabFood, berharap dapat memberikan layanan yang dapat diandalkan oleh konsumen kapan saja sepanjang hari. Sekaligus membantu merchant memperoleh penjualan yang maksimal dan memberikan pengalaman konsumen yang bermutu," tambahnya.

Sejak tahun lalu, Grab telah meluncurkan Inisiatif Ekstra yang terdiri dari fitur pesanan terjadwal, yakni sebuah fitur yang terinspirasi dari bulan Ramadan. Dengan fitur ini konsumen dapat memesan makanan antara satu jam sampai dua hari sebelum waktu pengiriman yang diinginkan.

"Kami satu-satunya platform yang menawarkan fitur ini," imbuh Hadi Surya.

Selain itu, masih ada fitur ambil sendiri yang memungkinkan konsumen dapat memesan makanan berbuka puasa untuk dibawa pulang ke rumah tanpa harus mengantre di restoran favoritnya, dengan tambahan kenyamanan fitur pembayaran nontunai.

Hadi Surya menegaskan tim teknologi Grab juga siap siaga selama 24 jam selama 7 hari untuk mendukung setiap masalah yang mungkin terjadi guna memastikan semuanya berjalan lancar, 

Sebagai salah satu layanan pesan-antar makanan terkemuka di Indonesia, GrabFood berupaya untuk memberikan layanan yang istimewa dan pengalaman konsumen yang menyenangkan pada setiap kesempatan.

"Kami tahu betapa pentingnya makanan selama Ramadan, karenanya tim kami bekerja sangat keras untuk melayani dan mendukung para pengguna dan mitra kami," pungkasnya. (*)
 

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021