Menjadi provider BPJS Kesehatan bahkan sejak era PT ASKES membuat RSU Anwar Medika Sidoarjo memahami betul perkembangan pelaksanaan Program JKN-KIS khususnya di Kabupaten Sidoarjo.

Direktur RSU Anwar Medika Nungki Tania Sari menjelaskan perkembangan yang ia rasakan selaku provider BPJS Kesehatan terasa sangat jelas dan meningkat dengan signifikan.

"Sebagai provider kami sangat merasakan perkembangan yang signifikan. Tagline Dengan Gotong Royong Semua Tertolong memang besar. Akses layanan kesehatan semakin mudah, yang mengakses juga semakin banyak," jelas Nungki.

Bagi Nungki perkembangan tersebut justru membuat rumah sakit semakin terpacu untuk terus merencanakan layanan atau inovasi apa lagi yang dapat dikembangkan. Hal tersebut dirasa perlu demi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

"Bertambahnya kunjungan ke rumah sakit adalah tantangan bagi kami tidak hanya dalam hal memajukan layanan kesehatan, tapi juga mengikuti dengan teknologi kesehatan yang komperehensif. Jadi bisa dikatakan program ini sangat luar biasa," tambahnya.

Untuk itu RSU Anwar Medika berkomitmen untuk memberikan pelayanan tidak hanya berbasis Kepuasan Pelanggan (Customer Oriented) namun juga berbasis Kesenangan Pelanggan (Customer Delight).

Fokus RSU Anwar Medika tidak hanya pada layanan kesehatan, namun juga pada sarana prasarana, kelengkapan teknologi kedokteran yang unggul dan berbagai kenyamanan yang bersifat One Stop Services.

"Jadi untuk pasien kami harap ketika mengakses layanan kesehatan di RSU Anwar Medika, semua layanan yang dibutuhkan ada dan tidak perlu dirujuk secara vertical ke rumah sakit lain. Antrian kami benahi sehingga pasien dapat mengakses layanan pendaftaran online dan memperkirakan waktu datang sehinga tidak lama menunggu. Semua pasien kami layani secepat mungkin dengan harapan tidak ada diskriminasi. Pelayanan Cepat, Tepat dan Ramah," ujar Nungki.

Ke depannya Nungki berharap Program JKN-KIS dapat tetap berjalan secara berkesinambungan untuk selamanya sehingga seluruh masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah.

Kepada BPJS Kesehatan, Nungki menyampaikan pula harapannya agar BPJS Kesehatan dapat terus menambah provider yang bekerjasama sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi Peserta JKN-KIS.

"Dengan banyaknya kebijakan yang sangat dinamis, saya berharap BPJS Kesehatan dapat proaktif memberikan informasi pada masyarakat, pun masyarakat juga turut proaktif mencari informasi terkait program ini," kata Nungki.

Di akhir Nungki menyampaikan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan terkait pengembangan sistem teknologi informasi yang luar biasa cepat mengikuti perkembangan jaman.Dengan adanya Aplicare, Mobile JKN, sistem antrean online dan sebagainya, hal tersebut memacu provider untuk terus melakukan update sistem informasi terbaru.

'Ini yang luar biasa dari BPJS Kesehatan dan harus terus dikembangkan dan dipertahankan. Di era disruption seperti saat ini, sepanjang yang saya tahu belum ada lembaga penjaminan yang seatraktif BPJS Kesehatan dalam hal teknologi informasi," tutup Nungki. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021