Legislator DPR RI Rahmat Muhajirin mengajak masyarakat mematuhi arahan dan anjuran pemerintah untuk tidak mudik lebaran tahun 2021 sebagai upaya untuk menekan penyebaran COVID-19.
 
"Berkaca situasi yang terjadi di India saat ini sangat memprihatinkan sekali, karena banyak korban COVID-19 berjatuhan banyak sekali," kata anggota Komisi III itu, saat membagi 11 ribu paket bahan pokok secara simbolis di Desa Karangbong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat. 
 
Oleh karena itu, dirinya mengingatkan supaya penyebaran COVID-19 di Indonesia tidak seperti di India, salah satu caranya adalah melarang rakyat agar tidak mudik saat liburan lebaran.
 
"Mudik pada libur lebaran dikhawatirkan menimbulkan penularan dan muncul klaster baru. Pemerintah dan kita semua tidak menginginkan. Jangan sampai penyebaran COVID-19 seperti di India, banyak korban berjatuhan," ucapnya.
 
Ia mengatakan, terjadinya ledakan korban COVID-19 di India salah satunya disebabkan oleh longgarnya tingkat kepatuhan masyarakat akan protokol kesehatan.
 
"Apalagi setelah dilakukan vaksinasi, banyak masyarakat di sana yang meremehkan dan tidak taat protokol kesehatan. Kami meminta masyarakat di Indonesia tetap taat protokol kesehatan meskipun sudah menjalani vaksinasi," katanya.
 
Dalam kesempatan itu, Rahmat membagikan 11.200 bingkisan yang dikemas dalam 5.300 paket dan disebar di 18 kecamatan se-Sidoarjo.
 
Rahmat Muhajirin yang datang bersama istrinya Mimik Idayana berharap bingkisan tersebut bisa membantu masyarakat yang sedang membutuhkan.
 
Paket bingkisan diserahkan kepada konstituen melalui koordinator kecamatan, koordinator desa hingga koordinator TPS.
 
"Kami sebar di masing-masing koordinator untuk menghindari kerumunan," katanya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021