Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin, melakukan vaksinasi COVID-19 bagi para takmir masjid dan kiai yang   semakin tinggi berinteraksi dengan banyak orang di bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah.

"Kami melakukan vaksinasi untuk takmir masjid dan para kiai, karena ini penting, mengingat selama Ramadhan hingga Lebaran, beliau-beliau berinteraksi dengan banyak orang. Seperti saat tarawih atau pengajian," ujar Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas saat meninjau proses vaksinasi di Puskesmas Kebaman, Kecamatan Srono, Banyuwangi.

Proses vaksinasi terhadap takmir masjid dan kiai, katanya, diharapkan bisa membentuk imunitas di kalangan tempat ibadah, sehingga dalam beribadah semakin nyaman, dalam menyambut Ramadhan dengan penuh kegembiraan.

Proses vaksinasi COVID-19 untuk takmir masjid ini dilaksanakan serentak se-Banyuwangi, dan pelaksanaanya di lima puskesmas. Yakni Puskesmas Klatak (Kecamatan Kalipuro), Puskesmas Gladag (Kecamatan Rogojampi), Puskesmas Kebaman (Kecamatan Srono), Puskesmas Jajag (Kecamatan Gambiran), dan Puskesmas Tulungrejo (Kecamatan Glenmore).

Ustaz Gatot Budi (52), takmir Masjid Darul Hidayah, Desa Bagorejo, Kecamatan Srono, mengapresiasi proses vaksinasi ini. Menurutnya, dengan vaksinasi ini diharapkan dapat memberikan pelayanan terhadap umat dengan tenang.

"Kami ini sering bertemu banyak orang. Dengan vaksin ini akhirnya saya bisa tenang. Atas izin Allah SWT, semoga ini bisa menjadi perantara terhindar dari Coronavirus, selain protokol kesehatan yang terus kami lakukan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, dr. Widji Lestariono mengatakan, proses vaksinasi dilakukan secara bertahap, dengan menyasar seluruh elemen masyarakat.

Karena keterbatasan vaksin, maka proses penyalurannya dilakukan secara bertahap. Berdasarkan kelompok masyarakat yang paling rentan terlebih dahulu.

"Seiring dengan datangnya vaksin, kami juga akan terus memperluas proses vaksinasinya. Sehingga semua elemen masyarakat dapat terjangkau. Sekarang kami sedang menunggu lagi kedatangan vaksin dari pemerintah pusat," ujar Rio, sapaan akrabnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021