Universitas Airlangga Surabaya tidak mewajibkan peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) membawa hasil rapid test jenis apapun, saat pelaksanaan ujian pada 12-18 April mendatang.

"Meski begitu Pusat UTBK Unair telah menyiapkan berbagai regulasi mengingat UTBK-SBMPTN tahun 2021 ini dilaksanakan masih di masa pandemik COVID-19," kata Ketua Pusat Komunikasi dan Informasi Publik (PKIP) Unair dr Martha Kurnia Kusumawardani di Surabaya, Jumat.

Adapun protokol kesehatan yang harus ditaati peserta sebelum pelaksanaan ujian adalah pertama diimbau melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sebelum hari pelaksanaan ujian.

Selanjutnya peserta dianjurkan menggunakan pakaian lengan panjang saat pelaksanaan UTBK.

Saat ujian peserta diwajibkan membawa masker cadangan secukupnya, wajib membawa bolpoin/pensil dan wajib menggunakan masker medis.

Selain itu, peserta wajib mencuci tangan dengan sabun, atau menggunakan hand sanitizer ketika memasuki lokasi ujian.

Baca juga: ITS tak wajibkan peserta bawa hasil rapid test untuk UTBK

Baca juga: 14.071 peserta akan ikuti UTBK SBMPTN di Universitas Jember

"Apabila peserta tidak memenuhi protokol kesehatan dan atau suhu badan di atas 37.3 derajat, maka peserta tidak diperkenankan mengikuti ujian," tutur-nya.

Pada pelaksanaan UTBK peserta wajib tetap menggunakan masker dan mengenakan sarung tangan yang telah disediakan sepanjang pelaksanaan ujian.

Peserta juga wajib memasukkan semua barang yang tidak diperlukan ke dalam tas, tas dibawa masuk ruang ujian dan ditempatkan di bawah meja ujian masing-masing.

Sementara pascapelaksanaan UTBK, peserta keluar ruang ujian dengan teratur, melepas sarung tangan, menggunakan hand sanitizer dan senantiasa tetap menjaga jarak aman.

"Peserta diimbau langsung pulang menuju rumah masing-masing," ujarnya.

Baca juga: Sebanyak 757.614 peserta daftar UTBK SBMPTN

Lebih lanjut dr. Martha mengatakan Pusat UTBK Unair juga mengimbau para peserta untuk mengisi surveilans COVID-19 sehari sebelum ujian pada link utbk.unair.ac.id.

"Pusat UTBK Unair juga akan mengadakan sampling pemeriksaan COVID-19 pada hari ujian," tuturnya.

Selain patuh pada protokol kesehatan, dr. Martha mengingatkan para peserta UTBK diharap tidak lupa untuk membawa dokumen yang diperlukan saat ujian berupa cetak/printout Kartu Peserta Ujian, fotokopi Ijazah/SKL yang telah dilegalisir, atau Surat Keterangan Kelas 12.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021