Pemerintah Kabupaten Pamekasan menggelar pasar sembako murah selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah, sebagai upaya membantu masyarakat agar mendapatkan harga kebutuhan bahan pokok dengan harga murah, serta sebagai upaya menekan harga kebutuhan bahan pokok selama Ramadhan.

"Pasar murah Ramadhan tersebut telah kita tetapkan mulai tanggal 12 April hingga 7 Mei 2021," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemkab Pamekasan Achmad Sjaifudin di Pamekasan, Kamis.

Pasar murah itu tidak hanya terpusat di satu titik tertentu, akan tetapi menyebar ke semua kecamatan di Kabupaten Pamekasan dengan waktu dan jam pelaksanaan yang telah ditentukan.

"Khusus di Kota Pamekasan lokasinya kita tempatnya di areal lahan eks RSUD Pamekasan di Jalan Kesehatan pada tanggal 12 hingga 14 April 2021," katanya.

Selanjutnya akan digelar secara bergantian di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan hingga tanggal 7 Mei 2021.

Produk yang dipasarkan pada kegiatan pasar sembako murah selama Ramadhan 1442 Hijriah itu, semua jenis kebutuhan bahan pokok warga, seperti beras, mie instan, minyak goreng, dan lain sebagainya.

"Harganya jauh lebih murah dibanding harga yang berlaku di pasaran," katanya.

Achmad menjelaskan, hal itu terjadi, karena Pemkab Pamekasan memberikan subsidi transportasi kepada sejumlah perusahaan yang diajak bekerja sama dalam pelaksanaan pasar murah Ramadhan tersebut.

"Jadi, transportasinya kita subsidi, sehingga harga jual kebutuhan bahan pokoknya juga jauh lebih murah," katanya, menjelaskan.

Pelaksanaan pasar sembako murah Ramadhan ini sama dengan kegiatan lainnya, yakni harus menerapkan protokol kesehatan.

"Pembeli maupun penjualnya harus menggunakan masker, menjaga jarak, dan harus disediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir," katanya, menjelaskan.

Pada pelaksanaan pasar sembako murah Ramadhan kali ini, Disperindag Pamekasan bekerja sama dengan sejumlah perusahaan. Antara lain PT Indomarco Adi Prima, PT Indofood Sukses Makmur wilayah Madura, Perum Bulog Madura, CV Anugerah Madura Retailindo, UD Laju Jaya dan PT Bali View.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pamekasan, mendekati bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah kali ini, harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di Pamekasan masih terpantau normal.

"Berdasarkan hasil pemantauan hari ini, tidak ada kenaikan harga yang berarti, sama dengan harga kemarin," katanya, menjelaskan.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021