PT Industri Kereta Api atau PT INKA (Persero) menyalurkan bantuan modal berupa dana bergulir kepada sejumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, melalui program kemitraan.

Senior Manager PKBL, CSR, dan Stakeholder Relationship PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto mengatakan bantuan diserahkan secara simbolis pihaknya kepada para pelaku UMKM yang disaksikan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, serta turut hadir Direktur Keuangan dan SDM PT INKA (Persero) Andy Budiman dan Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Agung Sedaju pada Kamis, 7 April 2021.

"Dana pinjaman bergulir yang disalurkan mencapai sebesar Rp115 juta untuk 6 UMKM di Banyuwangi. Adapun nilai pinjaman yang disalurkan bervariasi tergantung jenis usahanya," ujar Bambang dalam keterangannya di Madiun, Kamis.

Menurut dia, keenam UMKM yang mendapat bantuan tersebut merupakan mitra binaan PT INKA (Persero) di Banyuwangi dengan bidang usaha yang bervariasi, seperti suku cadang motor, industri sabun, jasa laundri, industri kreatif (tas), batik cap dan tulis, serta makanan kecil.

Bambang menambahkan pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan senilai Rp15 Juta untuk 15 warga yang berdomisili di Desa Kajarharjo, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi.

Adapun, 15 warga tersebut merupakan penggiat ekonomi yang sehari-hari berjualan di warung, sekaligus mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi yakni "WeNak" atau Warung Naik Kelas.

"Atas penyaluran dana bergulir dan bantuan tersebut, diharapkan kegiatan ekonomi masyarakat Banyuwangi semakin terangkat berkat bantuan dari PT INKA (Persero)," katanya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021