Bintana Research and Literacy Shelter (BRLS Indonesia) mengemukakan minat literasi di kalangan siswa di Kabupaten Bondowoso, Jatim kini semakin meningkat yang ditandai dengan semakin banyaknya permintaan sejumlah sekolah untuk mendorong siswanya mendalami dunia tulis menulis dan sadar informasi itu.

"Kali ini BRLS Indonesia mendatangani kerjasama (MoU) literasi dengan komunitas Lentera Literasi SMP Negeri 3 Bondowoso," kata pendiri BRLS Indonesia Bintana Alin Hilwah dalam keterangan pers yang diterima Antara di Bondowoso, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa penandatanganan kerja sama itu diawali dengan sarasehan literasi untuk bersama-sama mendorong dan mengembangkan semangat literasi dan kepenulisan para siswa SMP Negeri 3 Bondowoso seiring dengan meningkatnya semangat literasi di dunia pendidikan. 

Di hadapan para siswa, Bintana menyampaikan bahwa jika mereka yang aktif di Lentara Literasi SMP Negeri 3 (Spaga) Bondowoso sudah terbiasa dengan aktivis tulis menulis, maka tugas selanjutnya adalah mengaitkan dengan beberapa literasi lainnya, seperti literasi digital, literasi budaya dan lainnya.

"BRLS siap untuk mendampingi adik-adik dalam hal literasi, khususnya mendalami literasi baca-tulis, budaya dan digital. Karena tantangan zaman maka kita sebagai generasi Z harus ada di garda terdepan untuk membumikan literasi," katanya. 

Sementara Kepala SMPN 3 Bondowoso Elok Rizkiyah mengatakan bahwa sebelumnya para siswa telah mengunjungi beberapa objek wisata, antara lain Ijen Geopark dan kemudian akan dituangkan dalam bentuk tulisan atau artikel. (*)
 

Pewarta: Masuki M. Astro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021