Pemilik klinik kecantikan Beauty Skin dr. MF Surabaya dr Michael Lawanto optimistis bisnis klinik kecantikan dapat bangkit tahun ini setelah terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Saya optimistis karena banyak pasar klinik kecantikan sangat besar," kata dr Michael Lawanto di Surabaya, Rabu.

Dia mengungkapkan mulai membuka klinik kecantikan Beauty Skin dr. MF Surabaya bersama dr. Farrah Raktion pada bulan Oktober 2020, atau saat tingginya kasus COVID-19 di Indonesia.

Saat itu banyak yang mempertanyakan keputusannya untuk membuka klinik kecantikan di saat puncak pandemi.

"Banyak yang bilang gila karena berani buka saat pandemi. Bagaimana jika pasien tidak ada karena berani datang. Tapi saya nekat karena pertama saya sudah punya pasar atau pelanggan. Memang tidak seperti dulu. Dahulu tingkat keramaian banyak. Sekarang tidak seperti dahulu, tapi tetap oke karena pasien tetap berani datang," katanya.

Klinik kecantikan yang fokus pada perawatan di area wajah dan kulit tersebut mempunyai strategi khusus untuk menggaet pasien di masa pandemi COVID-19.

"Untuk menyakinkan orang, saya selalu melakukan tes usap (swab) rutin untuk semua pekerja. Tidak hanya perawat, bagian administrasi pun dites usap. Pasien pun mendapat tes usap gratis. Selain juga penerapan protokol kesehatan ketat," ucapnya.

Dr. Michael mengakui ada penurunan omzet saat pandemi. Sebelum pandemi, kunjungan pasien ke kliniknya dapat mencapai 40 per hari. 

"Namun saat ini ada 10 pasien sudah sangat bagus. Sekarang operasional klinik dibatasj dari jam 09.00 hingga 17.30 WIB. Kami sengaja membatasi pasien karena tidak tahu seberapa lama pasien dirawat," ujarnya.

Dikatakan dr. Michael, kliniknya berbeda dengan klinik kecantikan lain karena dia beserta istri yang menangani sendiri.

"Beda dengan kompetitor kurang lebih sama hanya dari segi harga. Selain itu kebanyakan kompetitor yang menangani bukan pemilik, mereka menggaji dokter. Di sini pemilik yang menangani karena dokter," ujarnya.

Klinik kecantikan Beauty Skin dr. MF mencoba melebarkan sayap dengan membuka dua gerai klinik kecantikan di Jakarta pada tahun 2022. (*)
 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021