Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar memberikan apresiasi pengamanan yang dilakukan oleh aparat, baik di tempat ibadah maupun tempat publik lainnya, sebagai antisipasi terjadinya tindak kriminalitas.

"Alhamdulillah anak buah Pak Kapolres dan anggota Pak Dandim semua sudah disebar kemana-mana. Saya mohon doa kepada seluruh masyarakat yang ada di Kota Kediri agar kita semua bisa menjalankan ibadah secara tuma’ ninah, secara nyaman dan itu yang menjamin adalah negara. Saat ini kita sedang melakukan itu. Mari kita berdoa semua berjalan dengan baik khususnya dalam menjalankan ibadah," kata Wali Kota di Kediri, Sabtu.

Pihaknya juga sudah memantau pelaksanaan pengamanan termasuk tempat ibadah. Ia juga meminta agar masyarakat tidak takut dan tidak khawatir untuk menjalankan ibadah.

Ia menegaskan Forkopimda Kota Kediri sudah menyiapkan pengamanan yang ketat, sehingga pelaksanaan ibadah di Kota Kediri berjalan aman dan lancar. Hal ini juga sebagai upaya mencegah tindak kriminalitas termasuk terorisme terjadi.

Untuk perayaan Paskah di Kediri, Wali Kota juga menegaskan perayaan berlangsung dengan tertib dan lancar.

"Ibadah Paskah di Kota Kediri ini berjalan dengan aman, lancar dan tidak terkendala apapun. Ini yang harus kita pastikan di Kota Kediri," ujarnya.

Namun, Mas Abu, sapaan akrabnya tetap meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan yang berlaku karena saat ini pandemi COVID-19 masih terjadi.

Kapolresta Kediri AKBP Eko Prasetyo mengatakan untuk pengamanan di tempat ibadah tersebut dilakukan secara ketat. Bukan hanya di gereja tapi pengamanan juga dilakukan dalam berbagai kesempatan kegiatan keagamaan.

Saat perayaan Paskah, tim gabungan dari Polresta Kediri, Kodim 0809 Kediri dan Pemkot Kediri telah diterjunkan untuk melakukan pengamanan berjumlah kurang lebih 825 personel.

"Sebelum pelaksanaan ibadah dilakukan sterilisasi oleh tim Gegana Brimob. Alhamdulillah untuk kegiatan keagamaan berjalan dengan aman dan kondusif," kata dia.

Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno mengungkapkan pihaknya siap memberikan dukungan kekuatan penuh pengamanan ibadah di wilayah Koramil masing-masing.

"Ini untuk memberikan rasa aman bagi saudara-saudara kita yang melakukan ibadah. Kami memberikan perkuatan penuh," kata dia. 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021