PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Jombang melakukan bersih-bersih Sungai Gude Ploso di wilayah itu, sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan nilai Rp575 juta.

Pemimpin Wilayah BRI Surabaya Triswahju Herlina dalam keterangan persnya di Surabaya, Senin mengatakan kegiatan BRI Bersih bersih kali di Sungai Gude Ploso adalah rangkaian pemilihan dari sekian sungai yang ada di wilayah kerja Kanwil BRI Surabaya.

Dipilihnya Kabupaten Jombang, karena masuk dalam kriteria pemilihan yang dilakukan BRI.

Secara nasional, Bank BRI melakukan program bersih bersih kali di 19 titik lokasi. Dengan masing masing Kantor Wilayah BRI sebanyak satu titik lokasi dengan konsep "Jaga Sungai Jaga Kehidupan"

"Alhamdulillah, Sungai Gude Ploso ini dipilih untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Kegiatan lain adalah pengendalian sampah dengan konsep “sampah jadi duit”," kata Herlina.

Kegiatan tersebut, melibatkan masyarakat sekitar untuk mengolah sampah menjadi kompos yang selanjutnya diharapkan dapat memiliki nilai jual yang dapat menambah pendapatan bagi masyarakat.

Herlina mengatakan bahwa Direktur Utama BRI Sunarso sebenarnya ingin datang ke Jombang dan menyerahkan secara langsung program ini. Namun, karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan sehingga diwakilkan ke dirinya.

”Pak Direktur pesan, sesuatu yang baik harus dilakukan, jangan ditunda. Sehingga hari ini kita serahkan dan Pak Direktur utama pesan, suatu saat ingin berkunjung ke Jombang untuk silaturahmi dengan jajaran Pemkab Jombang," katanya.

Sementara itu, Bank BRI telah menyalurkan CSR sepanjang 2020 sebesar Rp13,3 miliar dan khusus untuk Kabupaten Jombang sebesar Rp1,1 miliar atau sekitar 8,2 persen.

"Di Kabupaten Jombang ini, Bank BRI terdapat 517 jaringan kerja yang terdiri satu kantor cabang, dua KCP, 27 BRI Unit, 1 KK, 77 (ATM/CRM) dan 409 agen BRILINK," katanya.

Adapun jika secara keseluruhan Bank BRI se-Kanwil Surabaya terdapat 6.176 jaringan kerja, termasuk agen BRILINK yang berada di tengah masyarakat yang merupakan salah satu tujuan Bank BRI untuk membangun sinergi dengan masyarakat.

Ia menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemkab Jombang khususnya dan masyarakat Kabupaten Jombang pada umumnya yang senantiasa memberikan kepercayaan kepada Bank BRI sehingga sampai saat ini Bank BRI dapat tumbuh berkembang bersama-sama.

"Selain program CSR, Brilian Kanwil BRI Surabaya juga melaksanakan program peduli lingkungan sekitar dengan nama program Mengetuk Pintu Langit. Adapun jumlah bantuan yang telah disalurkan sampai dengan saat ini sebesar Rp405.572.107 dengan salah satu penyalurannya di Kabupaten Jombang," katanya.

Program ini adalah sebuah gerakan sosial dengan tujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian dan tanggungjawab pekerja BRI terhadap lingkungan serta untuk meringankan beban masyarakat yang membutuhkan yang berada di sekitar lingkungan Bank BRI se-Kanwil Surabaya. Berbeda dengan CSR, sumber dana dari program ini berasal dari seluruh pekerja BRI se-Kanwil BRI Surabaya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021