Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri, Jawa Timur, menggelar lomba Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan), sebagai salah satu cara menciptakan lingkungan yang aman.  

Kepala Kelurahan Ngronggo, Kota Kediri Heru Sugiarto mengungkapkan bahwa agenda tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen Kelurahan Ngronggo sebagai kelurahan bersinar (bebas narkoba). 

"Penyelenggaraan kegiatan bertujuan selain untuk mengembalikan peran penting Siskamling, juga sebagai bentuk kewaspadaan terhadap peredaran narkoba," kata Heru di Kediri, Minggu. 

Ia mengatakan, pengawasan terhadap peredaran dan penyalahgunaan narkoba menjadi kewajiban tidak hanya satu-dua orang saja, melain menjadi tanggung jawab seluruh warga masyarakat.

"Kami harus memastikan bahwa Kelurahan Ngronggo ini bersih dari narkoba, dengan demikian keamanan lingkungan kita bisa lebih terjamin karena bagaimanapun narkoba berpotensi menimbulkan tindak kejahatan," kata dia. 
 
Lomba Siskamling tersebut diikuti oleh seluruh RW di Kelurahan Ngronggo. Warga di setiap lingkungan berinovasi menghadirkan pos keamanan lingkungan yang menarik. Tidak hanya itu, peran utama dari Siskamling juga tak luput jadi perhatian dewan juri dalam melakukan penilaian.

Para dewan juri berkeliling melakukan penilaian. Warga juga sangat antusias dan menyiapkan yang terbaik untuk Siskamling di lingkungannya. Tidak hanya itu, mereka juga memastikan bahwa lingkungannya bersih dari narkoba.

"Kami siap bersinergi dengan pemerintah untuk memberantas narkoba, terutama di Kelurahan Ngronggo," kata Supono, Ketua RW 09 Kelurahan Ngronggo. 

Camat Kota, Arief Cholisudin berharap kegiatan tersebut dapat menjadi penyemangat warga untuk waspada bahaya narkoba. 

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga dengan ini Kota Kediri bersih narkoba dan khususnya untuk Kelurahan Ngronggo semoga bisa mendapatkan juara dalam ajang Kelurahan Bersinar Tingkat Jawa Timur," kata Cholis. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021