PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memberikan bantuan sebanyak 1.000 ekor ayam lengkap beserta kandangnya untuk warga Dusun Jimus, Desa Pule, Kecamatan Modo, Kabupaten Lamongan, sebagai solusi membantu masyarakat terdampak pandemi COVID-19. 

Group Head XL Axiata East Region Bambang Parikesit di Surabaya, Kamis, mengatakan bantuan itu diberikan melalui Majelis Taklim Karyawan (MTXL) dalam program “Kampung Bina Ternak Ayam Petelur”. 

Kegiatan sosial itu juga bekerja sama dengan Yayasan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) yang disesuaikan kondisi masyarakat Dusun Jimus, sebab banyak di antara warga adalah peternak ayam.

"Kami berharap bantuan ini benar-benar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin sehingga menjadi berkah untuk masyarakat," kata Bambang, dalam keterangan persnya.

Menurut Bambang, total dana yang dipakai untuk program ini sekitar Rp180 juta, berasal dari dana zakat karyawan dan manajemen melalui Majelis Taklim XL. 

Sementara kandang dibangun di lahan 30x10 meter dengan ukuran luas 12x9 meter yang dapat menampung sekitar 1.000 ekor ayam.  

Program ini nantinya dikelola bersama oleh masyarakat di Dusun Jimus dengan bantuan pembinaan dalam bidang beternak ayam dan pengembangan bisnis ayam dari team Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) selama dua tahun ke depan. 

Ketua RT 3 Dusun Jimus, Wajib, mengatakan warganya mengalami persoalan dalam pengembangan produk dari ternak ayam dan bebek, terlebih setelah muncul pandemi COVID-19.

"Kami bersyukur atas bantuan dari XL Axiata dan IZI ini, di saat yang memang warga membutuhkan dukungan untuk kembali bangkit setelah sempat terdampak kesulitan ekonomi akibat Corona. InsyaAllah bantuan ini akan kami manfaatkan semaksimal mungkin, karena ternak ayam memang sudah menjadi keseharian warga," katanya
 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021