ProFauna Indonesia bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur menjalin kerja sama untuk melakukan perlindungan flora, fauna dan ekosistem di Cagar Alam Pulau Sempu, Kabupaten Malang.

Ketua ProFauna Indonesia Rosek Nursahid mengatakan kerja sama tersebut diharapkan mampu memperkuat fungsi perlindungan Cagar Alam Pulau Sempu  yang selama ini telah dilakukan oleh ProFauna Indonesia, dan Balai Besar KSDA Jawa Timur.

"Dengan penandatanganan kerja sama ini, akan semakin memperkuat fungsi perlindungan di Cagar Alam Pulau Sempu," kata Rosek, dalam keterangan tertulis yang diterima di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu.

Rosek menjelaskan, sejak tahun 1990 ProFauna Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk melakukan upaya perlindungan terhadap Pulau Sempu. ProFauna Indonesia juga menggaungkan kampanye untuk menolak Pulau Sempu dijadikan destinasi tujuan wisata.

Cagar Alam Pulau Sempu yang mempunyai luas 877 hektare tersebut menjadi kawasan suaka alam yang penting, karena memiliki ekosistem, dan spesies yang beragam. Tercatat sedikitnya ada 80 jenis burung dan 300 jenis tumbuhan ada di Cagar Alam Pulau Sempu.

"Sejak tahun 1990, ProFauna Indonesia telah melakukan berbagai kegiatan terkait dengan Cagar Alam Pulau Sempu, termasuk kampanye menolak pulau tersebut dijadikan tujuan wisata," kata Rosek.

Rosek menambahkan, salah satu tantangan di Cagar Alam Pulau Sempu adalah masih adanya kegiatan wisata illegal, meskipun saat ini jumlah wisatawan yang berkunjung di pulau tersebut sudah mengalami penurunan cukup signifikan.

"Menurut peraturan perundangan yang ada, karena statusnya sebagai cagar alam, maka Pulau Sempu peruntukannya bukan untuk wisata," kata Rosek.

Sementara itu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Probolinggo Mamat Ruhimat menambahkan kerja sama antara BBKSDA Jawa Timur dan ProFauna Indonesia tersebut diharapkan bisa meningkatkan sinergi dalam upaya untuk melindungi kawasan Pulau Sempu.

"Kami menyambut baik kerja sama ini, karena memang sejak lama antara BKSDA Jatim dan ProFauna terjalin sinergi terkait perlindungan Cagar Alam Pulau Sempu," ujar Mamat.

Pulau Sempu terletak di wilayah Malang selatan, Jawa Timur, dan merupakan kawasan suaka alam dengan status cagar alam. Penetapan Pulau Sempu sebagai kawasan konservasi alam ditetapkan pada 1928.

Secara administratif Cagar Alam Pulau Sempu terletak di Dusun Sendang Biru, Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pulau Sempu ditetapkan sebagai cagar alam karena memiliki keunikan alam dan kekayaan hayati, yang diperuntukan bagi penelitian dan ilmu pengetahuan.

Di Pulau Sempu terdapat lebih dari 80 spesies burung, diantaranya adalah jenis langka dan dilindungi seperti elang Jawa (Nisaetus bartelsi), elang hitam (Ictinaetus malayanesis), elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster) dan rangkong badak (Buceros rhinoceros).

Keragaman jenis tumbuhan di Pulau Sempu juga terbilang tinggi. Menurut data Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur tahun 2009, terdapat 314 jenis tumbuhan di pulau yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia tersebut.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021