Sedikitnya 42 orang wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik, Jatim, menjalani vaksinasi COVID-19 yang difasilitasi dinas kesehatan setempat, bersamaan dengan anggota Polri di Mapolres Gresik, Selasa.

Ketua PWI Gresik M. Sholahudin mengatakan vaksinasi terhadap puluhan anggotanya itu sangat membantu dalam mengantisipasi penularan COVID-19 terhadap pekerja media.
 
Video oleh Abdul Malik Ibrahim

Sholahudin berterima kasih kepada Pemkab Gresik, khususnya dinkes, karena tak dipungkiri sudah banyak para jurnalis di Indonesia yang terpapar COVID-19.

“Kami, PWI Gresik, merasa terpanggil untuk dilakukan vaksinasi kepada teman-teman wartawan sebagai upaya menghindari paparan COVID-19,” ujarnya.

Ia berharap dengan dilakukannya vaksinasi kepada wartawan di Gresik bisa memantik teman-teman wartawan di kabupaten atau kota lain, untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dalam melakukan vaksinasi kepada wartawan setempat.

Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto mengatakan kerja sama vaksinasi antara anggota Polri dan wartawan sesuai dengan tujuan program vaksinasi tahap II, yakni melibatkan TNI dan Polri serta publik figur yang lain, seperti halnya insan pers.

Ia berharap vaksinasi ini dapat menurunkan risiko penyebaran COVID-19 di Indonesia, khususnya di wilayah Gresik.

"Vaksinasi ini kami lakukan secara ketat dengan screening bertahap, dan bagi yang tidak lolos akan diikutkan dalam program vaksinasi selanjutnya," kata mantan Kapolres Ponorogo tersebut.

Ketua Hari Pers Nasional (HPN) 2021 PWI Gresik Abdul Malik Ibrahim mengatakan vaksinasi puluhan wartawan yang tergabung dalam PWI Gresik ini juga bagian dari memperingati HPN 2021 dan HUT ke-75 PWI.

Vaksinasi ini merupakan yang pertama dilakukan kalangan organisasi pers di Indonesia dan diharapkan mendorong organisasi yang sama untuk melakukan vaksinasi terhadap pekerja media.

"Sudah seharusnya insan media dilakukan vaksinasi, karena merupakan garda terdepan dalam memberikan informasi mengenai COVID-19," katanya.

Sebelumnya, PWI Gresik juga telah mengawali vaksinasi terhadap insan pers yang dilakukan tepat pada peringatan HPN tanggal 9 Februari 2021.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Gresik Saifudin Ghozali mengatakan, vaksinasi bagi wartawan merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada dunia pers.

“Karena pers punya peran penting dalam kehidupan berdemokrasi. Selain itu, dalam upaya mendukung vaksinasi dan percepatan penanganan COVID-19, pers punya andil besar dalam komunikasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021