Bupati Magetan Suprawoto mendapatkan vaksinasi COVID-19 gelombang pertama tahap satu untuk kelompok lanjut usia atau di atas 59 tahun dengan Vaksin Sinovac yang dilaksanakan di Ruang Jamuan Pendapa Surya Graha, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Senin.

Seperti pelaksanaan vaksinasi pada usia 18-59, Bupati Suprawoto juga harus melewati tahapan pemeriksaan lebih dulu sebelum diputuskan apakah dapat memperoleh vaksinasi dosis pertama atau tidak

"Saya sangat setuju bahwa vaksinasi yang pertama kali harus tenaga kesehatan, lansia, dan tenaga pelayanan. Kemudian habis itu nanti masyarakat luas," ujar Suprawoto seusai menjalani penyuntikan vaksin kepada wartawan.

Sesuai ketentuan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi kelompok usia di atas 59 tahun dilakukan oleh pemerintah dalam upaya menurunkan angka kematian dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi lansia. Hal itu dilakukan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) secara resmi telah mengeluarkan izin penggunaan vaksin COVID-19 CoronaVac dari Sinovac bagi kelompok usia lanjut di atas 60 tahun.

Oleh sebab itu pemerintah memprioritaskan vaksinasi COVID-19, di mana tahap pertama bagi tenaga kesehatan dan lansia, tahap kedua bagi personel pelayanan publik, dan tahap ketiga bagi masyarakat.

Selain Bupati Suprawoto, vaksin kelompok usia lansia dosis pertama tersebut juga diberikan kepada Wakil Bupati Magetan Nanik Endang serta dua perwakilan tenaga kesehatan Magetan yang telah berusia di atas 59 tahun.

Bupati Magetan berharap pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di daerahnya dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat tervaksinasi semuanya. Sehingga kasus COVID-19 dapat segera teratasi dan tidak ada lagi kasusnya di Kabupaten Magetan.

Sesuai data, di Kabupaten Magetan kasus COVID-19 hingga Senin (15/2) mencapai 2.175 orang. Dari jumlah itu, 1.782 orang di antaranya telah sembuh, 219 orang lainnya masih dalam pemantauan, dan 174 orang meninggal dunia.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021