Mahasiswa yang tergabung dalam Jong Situbondo menggelar kegiatan seminar daring (webinar) dan try out ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang diikuti oleh siswa dan siswi SMA sederajat.

Rangkaian kegiatan Festival Pendidikan ini digelar oleh Mahasiswa Jong Situbondo, untuk memberikan kemudahan kepada siswa-siswi SMA, khususnya yang akan lulus dan ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

"Webinar dan try out UTBK ini merupakan rangkaian Festival Pendidikan yang digelar setiap tahun oleh komunitas mahasiswa Jong Situbondo," ujar Ketua Festival Pendidikan, Devani Dri  Rachmarena di Situbondo, Jawa Timur, Kamis.

Menurut dia, kegiatan Festival Pendidikan secara daring ini telah berlangsung sejak Juli 2020. Ada empat rangkaian kegiatan lainnya, yakni try out UTBK, webinar, road show, dan expo.

"Hari ini pelaksanaan seminar daring, dan besok agendanya try out ujian tulis berbasis komputer,"  kata mahasiswai ITS jurusan desain produk itu.

Devani mengemukakan bahwa dalam kegiatan rangkaian Festival Pendidikan juga bekerja sama dengan Ganesha Operation (GO). Katanya, lewat kegiatan tersebut, para siswa SMA tidak hanya belajar secara daring, namun juga bisa berkonsultasi, sehingga bisa mendapatkan jawaban dan informasi secara utuh.

Animo siswa terhadap Festival Pendidikan ini, lanjut dia, lebih tinggi dibandingkan dengan tatap muka, hal ini dipengaruhi oleh pembelajaran daring yang berlangsung sejak pandemi COVID-19.

"Semangat siswa kan mulai kendor sejak pandemi, pembelajaran tatap muka diganti dengan daring, sehingga mereka lebih terbiasa belajar daring," tuturnya.

Ia berharap, lewat Festival Pendidikan banyak siswa yang bisa lolos ke perguruan tinggi yang diminati, dan bagi mereka yang tidak punya minat kuliah karena kesulitan belajar, bisa menemukan solusi melalui kegiatan itu.

"Kami tetap berupaya memberikan infomasi terkait perkuliahan dan kehidupan kampus, serta membantu memilih jurusan," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021