PT Pelabuhan Indonesia III melakukan mitigasi kesehatan bagi karyawannya termasuk antisipasi COVID-19 dengan program fit to work atau sehat sebelum bekerja.

Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pelindo III Edi Priyanto di Surabaya, Kamis mengatakan pemeriksaan rutin kesehatan pekerja sebelum memulai aktivitas adalah bagian mengurangi risiko penyebaran COVID-19 di lingkungan kerja.

Hal tersebut juga menjadi bagian dalam rangka penerapan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di wilayah kerja masing-masing di masa pandemi.

"Di tengah pandemi, perhatian kita tidak boleh hanya berfokus pada keselamatan kerja, namun juga menjaga kesehatan para pekerjanya, salah satu yang kami lakukan adalah dengan program fit to work, yaitu memastikan para pekerja dalam kondisit fit sebelum memulai aktivitas," tutur Edi.

Edi dalam penyampaian program melalui webinar itu mengatakan di masa pandemi seperti saat ini, perusahaan dan pekerja dalam mengemban K3 tidak hanya berfokus pada keselamatan di tempat kerja, namun perlu juga menjamin kesehatan para pekerja sebelum melakukan aktivitas.

"Oleh karena itu, kami menerapkan program fit to work sebagai langkah mitigasi wajib dilakukan di masa pandemi seperti saat ini," kata Edi.

Edi berharap dengan penerapan program tersebut bisa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pekerja, serta agar tak hanya keselamatan kerjanya yang terjamin, namun juga jaminan sosial.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021