Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Senin malam, menerima pendistribusian  3.000 dosis vaksin  COVID-19 di termin pertama dan disimpan di tempat penyimpanan di Dinas Kesehatan setempat.

Vaksin COVID-19 tiba di tempat penyimpanan Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, sekitar pukul 23:30 WIB dengan pengawalan ketat sejumlah anggota Brigade Mobil (Brimob) Polda Jatim.

"Malam ini, pendistribusian vaksin COVID-19 diterima sebanyak 3.000 dosis vaksin dan terbungkus 75 dos dan per dosnya 40 dosis," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Imam Hidayat di Situbondo, Senin malam.

Selama vaksin COVDI-19 berada di tempat penyimpanan, lanjut dia, akan dilakukan penjagaan dari pihak aparat kepolisian setempat, hingga pendistribusian ke puskesmas-puskesmas dan rumah sakit serta klinik.

"Ada 23 fasilitas kesehatan mulai rumah sakit, klinik kesehatan dan puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan untuk pelaksanaan vaksinasi," katanya.

Menurut Imam, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 mulai dilaksanakan pada Rabu (27/1) besok atau dimajukan dari jadwal sebelumnya yang direncanakan 2 Februari 2021.

"Hari pertama pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini akan dilaksanakan di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo. Ada sekitar 10 orang pejabat Forkopimda (wakil bupati, kapolres, dandim, sekda dan pejabat lainnya) menjadi yang pertama disuntik vaksin COVID-19," paparnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Situbondo Kompol Yatno Mardi mengatakan, di tempat penyimpanan vaksin COVID-19 dilakukan penjagaan baik dari kepolisian, TNI dan Satpol PP serta pertugas kesehatan.

"Dari kepolisian yang berjaga di gudang penyimpanan vaksin ada dua personel,d an nantinya juga dibantu dari TNI dan Satpol PP. Pengamanan dilaksanakan hingga pendistribusian ke puskesmas-puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya," ujarnya.

Data diperoleh, Jumlah sasaran tahap pertama vaksinasi COVID-19, untuk tenaga kesehatan sebanyak 2.799 orang, dan pelayan publik tercatat sebanyak 19.603 orang.

Sedangkan jumlah keseluruhan yang diusulkan mendapatkan vaksin COVID-19 sebanyak 403.346 orang. Selain tenaga kesehatan dan pelayan publik juga ada masyarakat rentan 223.227 orang, masyarakat umum dan pelaku ekonomi 59.792 orang, serta masyarakat rentan lainnya (lansia) 100.724 orang. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021