PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya menyiapkan 76 perjalanan kereta pada libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 sebagai antisipasi lonjakan penumpang pada libur panjang.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto di Surabaya, Senin, mengatakan total 76 perjalanan kereta itu terdiri atas 30 perjalanan kereta jarak menengah/jauh dan 46 perjalanan kereta lokal.

"Adapun rute tujuan favorit selama tiga hari libur panjang tersebut, untuk kereta jarak menengah/jauh adalah yang menuju ke arah Jakarta, Bandung, dan Banyuwangi," kata Suprapto kepada wartawan.

Ia menjelaskan selama masa libur Natal dan Tahun Baru 2021, seluruh jajaran PT KAI Daop 8 Surabaya juga mendirikan posko untuk memastikan pelayanan kepada pelanggan berjalan baik dan berbagai protokol kesehatan diterapkan secara disiplin oleh semua pelanggan.

Sementara itu, Suprapto mengatakan tercatat mulai 22 Desember 2020 sampai 8 Januari 2021 seluruh pelanggan kereta jarak jauh di Pulau Jawa diharuskan untuk menunjukkan hasil tes cepat antigen yang negatif sebagai syarat untuk naik kereta.

"Sampai saat ini kami tetap mengacu Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 Nomor 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021," katanya.

Selain itu, setiap pelanggan kereta juga wajib untuk menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Suprapto mengatakan sebagai upaya peningkatan pelayanan dan antisipasi antrean layanan tes cepat antigen di stasiun, KAI akan menambah petugas pelayanan tes cepat di stasiun yang peminatnya tinggi, seperti Stasiun Gubeng, Stasiun Pasar Turi, dan Stasiun Malang.

Untuk jumlah penumpang di stasiun wilayah Daop 8 Surabaya rata-rata cukup tinggi, seperti pada tanggal 18 Desember 2020, jumlah penumpang yang naik di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya berjumlah 14.512 penumpang.

Selanjutnya pada 19 Desember 2020 jumlah penumpang yang naik mencapai 15.351 penumpang, dan pada 20 Desember 2020 jumlahnya naik, yakni 15.497 penumpang.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020