Program studi (Prodi) D3 Kebidanan Fakuktas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memperoleh akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes) melalui surat keputusan bernomor 0640/LAM-PTKes/Akt/Dip/XII/2020. 

Ketua Satuan Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Unusa, Wesiana Heris Santy M.Kep di Surabaya, Senin mengatakan Prodi D3 Kebidanan Unusa memperoleh akreditasi A setelah asesor melakukan penilaian fasilitas yang dimiliki prodi tersebut secara daring.

"Alhamdulillah hasil ini cukup membanggakan. Hasil ini akan terus kami tingkatkan lebih baik lagi," kata Wesi.

Wasi mengungkapkan jika persiapan akreditasi ini sudah dilakukan satu tahun sebelumnya dengan bekal masukan dari asesor sebelumnya.

"Masukan ini semua menjadi pelecut semangat kami untuk memperoleh akreditasi A ini untuk prodi D3 Kebidanan," ujarnya.

Meskipun proses penilaian dilakukan secara daring tidak menyurutkan semangat Unusa menunjukkan fasilitas yang ada. 

"Ini membuat asesor bisa melihat langsung fasilitas yang ada melalui daring," katanya

Dengan hasil ini ada empat prodi di Unusa yang telah memperoleh akreditasi A, yakni
D3 Keperawatan, S1 Keperawatan, Program Profesi Ners, dan D3 Kebidanan.

"Saya berharap hasil ini menjadi pelecut semangat prodi lainnya yang dimiliki Unusa untuk meningkatkan fasilitas yang ada. Dengan begitu kami akan mengajukan akreditasi universitas lebih baik lagi," ucapnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Keperawatan dan Kebidanan (FKK) Unusa, Yanis Kartini, SKM. M.Kep tidak ingin terlena dengan hasil ini. 

Pihaknya akan terus meningkatkan fasilitasi dan kualitas dari semua prodi yang ada pada FKK untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

"Bagaimana pun mempertahankan ini akan lebih sulit, jadi kami akan tingkatkan lebih baik dari mulai fasilitas dan beberapa aspek yang memang kurang selama ini," ucap Yanis. (*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020