Rekapitulasi penghitungan suara tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Jember 2020, Sabtu, mulai bergeser ke 31 kecamatan.

"Hari ini panitia pemilihan kecamatan (PPK) mulai melakukan rekapitulasi penghitungan suara dengan mengundang seluruh panitia pemungutan suara (PPS) di wilayah setempat," kata anggota KPU Jember Achmad Susanto.

Sesuai tahapan, lanjutnya, rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan dilakukan pada 10-14 Desember 2020, tetapi 31 PPK di Jember mulai melakukan rekapitulasi penghitungan suara pada 12 Desember 2020.

"Sebagian besar PPK mulai melakukan rekapitulasi penghitungan suara pada pagi hari, tapi ada PPK yang mulai melakukan rekapitulasi penghitungan suara pada malam hari ini, seperti PPK Balung," tuturnya.

Ia mengatakan PPK diberi waktu selama empat hari untuk menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan sesuai tahapan, tetapi optimistis bisa dilakukan lebih cepat.

KPU Jember menargetkan rekapitulasi penghitungan suara yang dilakukan di tingkat kecamatan bisa selesai dalam waktu dua hari sejak Sabtu hingga Minggu (13/12).

"Pantauan kami, PPK yang sudah selesai melakukan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan sekitar 75 persen dari 31 kecamatan di Jember, " katanya.

Sesuai jadwal, lanjut dia, rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten akan dilakukan di salah satu hotel di Jember pada 15 Desember 2020.

"Kami berharap rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan hingga kabupaten nanti berjalan lancar dan semua penyelenggara pemilu tetap harus melaksanakan protokol kesehatan dalam melakukan rekapitulasi," ujarnya.

Berdasarkan hasil penghitungan KPU Jember dalam aplikasi Sirekap pada Sabtu pukul 19.13 WIB terpantau pasangan cabup-cawabup nomor urut 1 Faida - Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) mendapatkan suara 32,5 persen, kemudian pasangan cabup-cawabup nomor urut 2, Hendy Siswanto - M. Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun) mendapatkan 45,8 persen suara.

Selanjutnya pasangan Abdus Salam-Ifan Ariadna yang merupakan pasangan cabup dan cawabup nomor urut 3 mendapatkan 21,7 persen.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020