Lomba lari dan bersepeda atau Port Virtual Run and Ride 2020 yang dihelat Pelindo III meraih dua rekor sekaligus dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yakni Pemrakarsa dan Penyelenggara Lomba Lari Secara Virtual Peserta Terbanyak dan Pemrakarsa dan Penyelenggara Gowes Secara Virtual Peserta Terbanyak. 

Direktur Utama Pelindo III U Saefudin Noer dalam keterangan persnya di Surabaya, Jumat, mengatakan gelaran lomba lari dan bersepeda secara daring ini adalah salah satunya dengan cara mengajak masyarakat hidup sehat agar terhindar dari COVID-19, sehingga mereka dapat tetap produktif dalam bekerja. 

"Masyarakat yang sehat dan patuh terhadap protokol kesehatan diharapkan mampu mendukung pemerintah dalam menangani wabah COVID-19, itulah yang kami lakukan sehingga acara yang rutin akan diadakan setiap tahunsecara daring/virtual dengan menggunakan dukungan teknologi informasi," katanya.

Ia menjelaskan penggunaan teknologi dalam pelaksanaan lomba lari dan bersepeda ini juga merupakan implementasi dari Core Values BUMN AKHLAK, yaitu adaptif yaitu menyesuaikan dengan situasi. Selain itu sebagai wujud implementasi kepemimpinan teknologi di Pelindo III yang saat ini mengedepankan penggunaan teknologi untuk mendukung bisnis perusahaan.

"Ini merupakan wujud dari technology leadership dan implementasi Core Values AKHLAK BUMN,  kami beradaptasi dan kolaborasi sesuai kompetensi dengan mitra penyelenggara dan masyarakat. Sekaligus perwujudan amanah dimana Pelindo III berperan dalam pemulihan ekonomi Indonesia, melaksanakan promosi hidup sehat sekaligus wujud loyalitas Pelindo III kepada bangsa," katanya.

Senior Manager MURI Sri Widayati memberikan apresiasi kepada Pelindo III atas inisiatifnya dalam menyelenggarakan lomba lari dan bersepeda secara virtual. Menurutnya, kegiatan tersebut tercatat sebagai kegiatan perlombaan olah raga secara virtual dengan peserta terbanyak di Indonesia sehingga tercatat dalam sebagai rekor dunia baru di Indonesia.

"Berdasarkan catatan kami kegiatan lomba lari dan bersepeda sepeda virtual yang di selenggarakan oleh Pelindo III merupakan yang terbanyak dan yang pertama kali ada di MURI,” katanya.

Sementara itu, perlombaan lari dan bersepeda Pelindo III dimulai sejak tanggal 14 November 2020, diikuti oleh 15.056 orang peserta dari 34 provinsi di Indonesia. 

Jumlah peserta laki-laki tercatat sebanyak 11.875 orang dan peserta perempuan sebanyak 3.187 orang. Dalam lomba tersebut juga tercatat peserta dengan jarak tempuh bersepeda terjauh yaitu 4.333,77 kilometer dan jarak tempuh lari terjauh 1.044,24 kilometer.

Penghargaan rekor diserahkan langsung oleh perwakilan MURI di Surabaya kepada Direktur SDM Pelindo III Edi Priyanto di Surabaya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020