Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember, Jawa Timur, memastikan seluruh logistik pilkada terdistribusi dari panitia pemilihan kecamatan (PPK) menuju ke panitia pemungutan suara (PPS) hingga tempat pemungutan suara (TPS) pada Selasa.

"Hari ini seluruh logistik yang berada di PPK bergeser ke PPS, kemudian dari PPS langsung didistribusikan ke TPS dengan pengamanan ketat dari aparat kepolisian," kata anggota KPU Jember Andi Wasis di kantor KPU setempat.

Menurutnya, petugas akan memprioritaskan distribusi logistik ke TPS yang lokasinya jauh dan terpencil, seperti di kawasan Dusun Bandealit, Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo yang berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri.

"Tentu untuk beberapa TPS di lokasi yang aksesnya sulit dijangkau akan menjadi prioritas utama untuk lebih dulu didistribusikan dibandingkan TPS yang mudah diakses lokasinya," tuturnya.

Pantauan di lapangan, lanjut dia, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan suara (KPPS) sudah mendirikan TPS di wilayahnya masing-masing dan menunggu logistik yang didistribusikan dari PPS setempat.

"Kami terus melakukan monitoring untuk memantau kesiapan KPPS dalam melaksanakan pemungutan suara dengan menerapkan protokol kesehatan pada 9 Desember 2020," katanya.

Sementara anggota PPS Sumbersari Nani Agustina mengatakan pihaknya menerima logstik pilkada dari PPK Sumbersari pada Selasa pagi, kemudian logistik tersebut akan digeser ke TPS.

"Pendistribusian logistik pilkada dari PPS ke TPS dikawal ketat aparat kepolisian, sehingga diharapkan logistik tersebut aman hingga ke TPS yang tersebar di 59 titik di Kelurahan Sumbersari," ujarnya.

Pilkada Jember diikuti tiga pasangan calon yakni nomor urut 1, petahana Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto (Faida-Vian) dari jalur perseorangan yang mendapatkan sebanyak 146.687 surat dukungan.

Kemudian pasangan calon nomor urut 2, Hendy Siswanto - Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Hendy-Gus Firjaun) yang diusung oleh Partai NasDem, Gerindra, Demokrat, PPP, dan PKS dengan jumlah 28 kursi di DPRD Jember.

Pasangan calon nomor urut 3, Abdus Salam-Ifan Ariadna Wijaya (Salam-Ifan) yang diusung oleh PKB, PDI-P, Golkar, Perindo, PAN, dan Partai Berkarya dengan total 22 kursi DPRD Jember.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020