Sebanyak tujuh orang di lingkungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, terkonfirmasi positif terpapar Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Lebih dari 40 orang pegawai sekretariat KPU Situbondo (ASN, tenaga kontrak, dan honorer) dan lima anggota menjalani tes usap (swab test) pada Senin (30/11). Tes usap ini menjadi keharusan sebagai penyelenggara pilkada dan hasilnya ada tujuh orang yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Hari ini ada tiga orang (anggota dan pegawai sekretariat KPU) isolasi di gedung observasi atau tempat karantina pemerintah daerah di kawasan Wisata Bahari Pasir Putih Kecamatan Bungatan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Akhmad Yulianto saat dihubungi di Situbondo, Jumat malam.

Sedangkan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 lainnya hingga saat ini masih belum diketahui penanganannya. Yulianto hanya memperoleh laporan bahwa hanya ada tiga orang dari KPU Situbondo yang dikarantina.

"Untuk yang lainnya kami belum dapat laporan, yang pasti ada tiga orang yang berada di karantina Pasir Putih," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Situbondo Marwoto saat dihubungi terpisah mengakui bahwa dirinya terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 dan telah berada di tempat karantina Pasir Putih.

"Iya benar saya positif dan di tempat karantina saya juga bersama satu anggota KPU dan seorang staf tenaga kontrak, semuanya tiga orang. Tapi, kami semua sehat tidak ada gejala apapun," kata Marwoto.

Untuk memastikan dan meyakinkan dirinya benar-benar terpapar COVID-19, Marwoto bersama anggota lainnya dan staf KPU pada hari ini juga langsung meminta kembali dilakukan tes usap.

"Kami sehat-sehat saja, makanya kami minta tes usap kembali. Mungkin besok siang sekitar pukul 12:00 WIB hasil tes usap kedua akan keluar," tuturnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2020